“Setelah menerima panggilan dari masyarakat atau pelapor yang membutuhkan, operator Call Center PSC 112 akan memberikan penjelasan kepada pelapor mengenai penanganan pasien gawat darurat sambil menunggu Oto Dottoro dan tenaga kesehatan tiba di lokasi kejadian/rumah pasien,” beber Nisrinasari.
Setelah tenaga kesehatan tiba di lokasi/rumah pasien segera dilakukan penanganan sesuai dengan kondisi pasien berdasarkan hasil konsultasi via telepon/video call pada dokter jaga PSC/Oto Dottoro.
“Apabila pasien memerlukan penanganan lebih lanjut, maka pasien akan diambulasi/dirujuk ke fasilitas pelayanan terdekat dalam hal ini puskesmas atau rumah sakit,” tutur Nisrinasari.
Sebagai informasi, selain Oto Dottoro, Call Center Wajo Masiga 112 yang yang difasilitasi Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Wajo ini terintegrasi dengan lembaga/instansi, seperti kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran.
Wilayah Kerja Oto Dottoro
Oto Dottoro 1 di Puskesmas Keera untuk melayani wilayah kerja Puskesmas Pitumpanua, Keera, dan Salobulo
Oto Dottoro 2 di Puskesmas Majauleng melayani wilayah kerja Puskesmas Majauleng, Tosora, Gilireng, dan Wewangrewu
Oto Dottoro 3 di Puskesmas Pammana melayani wilayah kerja Puskesmas Pammana, Sabbangparu, Liu, Lempa, dan Solo
Oto Dottoro 4 di Puskesmas Maniangpajo melayani wilayah kerja Puskesmas Maniangpajo, Belawa, Sappa, dan Tanasitolo
Oto Dottoro 5 di Puskesmas Takkalalla melayani wilayah kerja Puskesmas Takkalalla, Parigi, Sajoanging, dan Penrang
Mobil PSC melayani Puskesmas Tempe, Salewangeng, dan Pattirosompe. (*)