Dua Minggu Sebelum Pemilihan, Elektabilitas Prabowo-Gibran Semakin Meningkat

  • Bagikan
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming

JAKARTA, BACAPESAN.COM — Pemilihan Presiden 2024 tinggal 12 hari lagi. Di sejumlah survei, elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming paling mentereng.

Salah satunya rilis terbaru Survei Indikator Politik. Prabowo-Gibran unggul dari calon lainnya dengan angka 56,2 persen di Jawa Timur.

Posisi kedua diduduki Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 19,9 persen. Kemudian Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan 15,7 persen. Terdapat 8,2 persen responden yang tidak tahu/tidak menjawab dalam survei ini.

Jawa Timur dinilai provinsi strategis. Mengingat Daftar Pemilih Tetap (DPT)-nya 31.402. 838 pemilih. Urutan kedua terbesar setelah Jawa Barat.

Secara demografi dan wilayah, Prabowo-Gibran mendominasi di sepuluh wilayah. Yakni di Jawa Timur I, Jawa Timur II, Jawa Timur III, Jawa Timur IV, Jawa Timur V, Jawa Timur VI, Jawa Timur VII, Jawa Timur VIII, Jawa Timur IX, dan Jawa Timur X.

Anies-Muhaimin mendominasi di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur XI. Sementara pasangan Ganjar-Mahfud tidak mendominasi di dapil manapun.

Jumlah pemilih kuat atau pemilih yang mengaku kecil kemungkinan berubah pilihan paling tinggi diraih Prabowo dengan 85,6 persen. Disusul Ganjar 81,6 persen dan Anies 77,7 persen.

  • Bagikan