Sisihkan Seribu Lebih Kampus di Indonesia, UMI Urutan 93 Perguruan Tinggi Terbaik versi Webometrics

  • Bagikan
Rektor UMI Prof. Dr. Sufirman Rahman, SH, MH

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar berhasil menempati urutan ke 93 dari 1961 perguruan tinggi di Indonesia versi Webometric.

Masuknya UMI dalam jajaran peringkat 100 menjadi sebuah kebanggaan mengingat peringkat tersebut diperoleh setelah mengalahkan lebih dari seribu perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam keterangan resmi pemeringkatan yang berbasis layanan website itu, UMI tercatat memiliki skore yang sangat baik dari tiga indikator penilaian. Ketiga indikator penilaian itu adalah Impact Rank, Openess Rank, dan Excellence Rank.

Pada edisi Januari 2024 ini, UMI pada indikator Impact Rank berjumlah 5318, Openess Rank 8367, dan Excellence Rank 5401.

“Alhamdulillah ini pencapaian yang baik di awal tahun 2024 ini. Masuk dalam top 100 ini bukan upaya yang mudah, tentunya berkat kerjasama jamaah seluruh instrumen di UMI,” ungkap Rektor UMI Prof. Dr. Sufirman Rahman, SH, MH, di ruang kerjanya, Menara UMI, Jalan Urisp Sumhardjo, Makassar, (2/2/2024).

Diketahui, Webometrics adalah produk inisiatif dari Lab Cybermetrics, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol. CSIC adalah salah satu organisasi penelitian dasar pertama di Eropa.

Penelitian berbasis website ini banyak dijadikan rujukan oleh perguruan tinggi di dunia untuk melihat seberapa intens masyarakat mengakses website perguruan tinggi untuk kebutuhan layanan pendidikan tinggi. (Hikma)

  • Bagikan