Kondisi Pilot Susi Air Satu Tahun Disandera KKB

  • Bagikan
Pilot Susi Air Kapten Philips Mark Mehterns (tengah) yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)

”Perkembangan dari Mabes TNI, kami terus melakukan upaya-upaya negosiasi,” ucapnya.

Dia tidak menampik gangguan yang terus dilancarkan oleh KST beberapa hari belakangan. Mabes TNI AD (Mabesad) juga melihat bahwa perkembangan situasi di Papua terus naik-turun. Namun Kodam XVII/Cenderawasih memastikan kondisi di sana tetap terkendali.

Termasuk yang terkait dengan persiapan menuju hari puncak pemilu 14 Februari mendatang. TNI AD juga melakukan pendekatan yang pengaruhnya sudah terasa di Papua. Contohnya, program pembangunan dari pemerintah. Saat ini, program itu berjalan baik.

”Yang terutama kami kedepankan adalah kegiatan teritorial untuk membantu masyarakat,” beber pejabat yang pernah bertugas sebagai panglima Kodam IX/Udayana tersebut.

Ganggu Pembangunan

Namun demikian, program pemerintah di Papua tidak jarang berhadapan dengan kendala. KST terus mengganggu pembangunan dan aktivitas warga.

Terbaru, KST memutus akses jalan di Jalur Trans Sugapa-Titigi di wilayah Kabupaten Intan Jaya. Persisnya di daerah Kampung Mbamogo. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (4/2/2024). Mereka menggali jalan dengan kedalaman dua meter dan lebar satu setengah meter.

”Tindakan itu sudah keterlaluan sehingga mempersulit akses dan mengganggu aktivitas masyarakat,” kata Wakil Sementara Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Letkol Infanteri Candra Kurniawan. (fajar online)

  • Bagikan

Exit mobile version