Ratusan Anggota Satlinmas Dikukuhkan, Pj Wali Kota Parepare Mereka Ujung Tombak Pengamanan Pemilu

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM — Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali mengukuhkan sebanyak 290 anggota satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) di sela-sela kegiatan pelaksanaan apel akbar. Pengukuhan tersebut, berlangsung di Lapangan Andi Makkasau, Selasa, 6 Februari 2024.

Akbar Ali bertindak sebagai pembina apel pada kegiatan tersebut, yang dihadiri unsur Forkopimda se-Kota Parepare. Dalam kesempatan itu, Akbar Ali mengatakan, Kota Parepare siap mengamankan dan menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi pada Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah.

“Jika melihat hasil pemeriksaan pasukan, saya sangat meyakini bahwa bapak ibu, seluruh aparat TNI polri, khususnya kepada satuan linmas yang baru saja dikukuhkan sangat siap mengamankan proses pemilu ke depan,” katanya.

Menurutnya, Satlinmas merupakan garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Sebab kata dia, Satlinmas memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting dalam konteks pengamanan Pemilukada.

“Peran satlinmas ini tidak hanya sebatas melaksanakan tugas rutin sehari-hari, tapi juga memastikan bahwa seluruh tahapan proses pemilihan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” jelasnya.

Dia berharap, Satlinmas dapat menjalankan empat fungsi di antaranya mencegah potensi konflik atau gangguan keamanan yang dapat mengancam jalannya proses pemilihan. Lalu, melakukan koordinasi yang baik dengan aparat keamanan guna memastikan keamanan bersama selama masa kampanye.

Kemudian, kata dia, Satlinmasmemberikan perlindungan kepada masyarakat yang berpartisipasi dalam pemilihan, termasuk penyelenggara pemilu saksi dan para pemilih, serta mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan selama proses pemilihan, dan memberikan informasi terkait aturan dan tata tertib pemilihan.

“Kepada seluruh anggota satlinmas, saya mengajak untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab integritas dan profesionalisme,” tandasnya.(rud)

  • Bagikan