Polres Tator Gelar Apel Pergeseran Pasukan Dalam Rangka Pengamanan TPS Pemilu 2024

  • Bagikan
Apel pergeseran pasukan pengamanan TPS pemilu 2024 yang digelar Polres Tator.

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 sudah didepan mata, dan logistik pemilu pun sudah mulai didistribusi ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan pengamanan dalam hal ini kepolisian pun mulai mulai menurunkan personil untuk mengamankan TPS yang ada.

Seperti jajaran polres Tana Toraja (Tator) gelar apel pergeseran pasukan pengamanan TPS pemilu 2024 di lapangan apel Mapolres Tana Toraja, Sabtu sore, 10 Februari 2021, yang dipimpin langsung Kapolres Tator,  AKBP Malpa Malacoppo. 

Dimana kegiatan tersebut dihadiri Sekertaris Daerah Tator, dr. Rudy Andi Lolo, perwakilan Dandim 1414 Tator, para PJU Polres Tator, Ketua Bawaslu, Elis Mangesa, Ketua KPU Tator, Berty Paluangan, tim Nakes (tenaga kesehatan), Satlinmas dan personil gabungan TNI – Polri yang akan melaksanakan pengamanan TPS di 19 kecamatan di Tator.

Menurut Kapolres Tator, AKBP Malpa Malacoppo kepada media mengatakan bahwa  hari ini apel gelar pergeseran pasukan dengan menghadirkan instansi terkait yang nantinya akan terlibat dalam pengamanan TPS diantaranya dari TNI, Tim Nakes, Satpol PP dan Linmas, sebagai bentuk kesiapan semua pihak dalam mengawal jalannya pemilu 2024 di Tana Toraja.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kesiapan kita mulai dari pengawalan dan pengamanan logistik pengamanan gudang PPK, hingga pengamanan TPS nantinya. Dan hari ini kita menghadirkan rekan – rekan dari stakholder terkait yang akan melaksanakan tugas pengamanan di TPS, dari TNI, Satpol PP, Tim Nakes dan Linmas kita hadirkan, kita tunjukkan kepada semua pihak bahwa kita siap melaksanakan pengamanan TPS dan proses pemungutan suara dapat berjalan aman dan kondusif, ” ungkap Malpa Malacoppo yang merupakan Perwira menengah lulusan Akpol 2002.

Ditambahkannya bahwa jumlah personil yang diturunkan sebanyak 290 personil yang terdiri dari 19 perwira pengendali di sebar di 19 Kecamatan, 196 pengamanan TPS dari Personil Polres dan sebanyak 75 personil BKO Polda yang juga diturunkan melaksanakan pengamanan TPS. 

Dirinya juga mengajak kepada seluruh personil yang akan bertugas untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Linmas sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan aman khususnya bagi personil yang melaksanakan pengamanan hingga 5 TPS. 

Sementara Sekertaris Daerah Tator, dr Rudy Andilolo mewakili pemkab Tator, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan 814 tim nakes yang nantinya akan disebar di setiap TPS di 19 Kecamatan.

“Sebelumnya kami dari pemerintah Kabupaten Tana Toraja mengapresiasi Kapolres Tana Toraja beserta jajarannya atas kesiapan dalam pengamanan pemilu 2024.  Keterbatasan personil Polres Tana Toraja,  sebagaimana kita ketahui bahwa ada 814 TPS sementara jumlah personil Polres termasuk BKO hanya 290 saja, sehingga ada personil yang mengawal TPS sampai 5 lokasi, namun demikian kami telah menyiapkan linmas di masing – masing TPS sehingga dapat membantu proses pengamanan dan juga menyiapkan 814 tenaga kesehatan,” ungkap Rudy. 

Sementara Pasi Ops Kodim 1414/Tator Kapten Inf. Uda Kalalembang  menghimbau kepada seluruh personil yang bertugas pada TPS untuk tetap berhati – hati dan menjaga keamanan diri dalam perjalanan kelokasi TPS utamanya yang bertugas pada TPS yang berada di daerah pelosok seperti Simbuang dan Mappak.

“Mewakili Dandim 1414/Tator saya menghimbau kepada rekan – rekan yang akan melaksanakan Pam TPS untuk berhati – hati dalam perjalanan menuju kelokasi TPS utamanya rekan – rekan yang bertugas pada daerah plosok seperti Simbuang dan Mappak,” imbau Uda Kalalembang.

Dirinya menambahkan bahwa Kodim 1414 Tator khususnya wilayah Tana Toraja menurunkan personil sebanyak 150 yang nantinya akan di sebar ke 19 Kecamatan. (Cherly)

  • Bagikan