Personel Batalyon B Pelopor Dikerahkan, Kompol Ramli Pimpin Apel Pemberangkatan BKO

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Personel Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) dikerahkan dalam melaksanakan tugas pengamanan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 dengan penuh tanggung jawab.

Hal itu disampaikan Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Ramli saat memimpin apel pemberangkatan personel bantuan kendali operasi (BKO) jajaran Polres.

Apel berlangsung di Lapangan Mako Batalyon B Pelopor, Jalan Chalik, Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Senin 12 Februari 2024.

Adapun yang menjadi komandan apel, Pasi Ops Batalyon B Pelopor AKP A Johar dan dihadiri oleh peserta apel dari Brimob Parepare.

Dalam arahannya, Kompol Ramli menekankan pentingnya berpedoman pada legalitas dan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pelaksanaan tugas BKO di jajaran Polres.

“Koordinasikan setiap tugas maupun pergerakan pasukan yang akan dilakukan dengan Polres di kewilayahan selaku pengguna melalui masing-masing Kabag Ops, maupun Kapolres dan tidak ada yang bertindak sendiri-sendiri,” katanya.

Dia berharap agar personel dapat memahami dengan baik cara dan sistem kerja penggunaan peralatan yang dibawa dalam pengamanan pemilu.

Terkhusus, kata dia penggunaan senjata, sehingga dapat dikuasai dengan baik guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan tetap menjaga diri serta nama baik kesatuan.

“Ditekankan baik-baik tentang penggunaan Senpi yang juga turut dibawa, agar dipergunakan pada saat betul-betul terdesak, jika situasi meningkat menjadi anarkis serta tetap berlandaskan pada asa legalitas, proporsionalitas, dan nesesitas,” jelasnya.

Dia berpesan, agar personel mengutamakan pendekatan dan interaksi positif dengan masyarakat. Karena itu, dirinya mendorong personel untuk berbaur dengan berbagai elemen masyarakat guna membangun hubungan yang baik.

“Lakukan pendekatan dengan masyarakat, baik itu berupa Tomas, Toga, maupun Toda di wilayah tugas. Terjalinnya hubungan yang baik melalui penggalangan diharapkan dapat menciptakan kerjasama yang solid dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan tugas,” tandasnya.(rud)

  • Bagikan