Gebrakan Inovatif, UPTD SDN 47 Kota Parepare Terus Berkembang dalam Penilaian Berbasis Digital

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) SDN 47 Kota Parepare kembali memberikan gebrakan inovatif dengan melaksanakan penilaian Sumatif Akhir Semester (SAS) 1 dan Sumatif Tengah Semester (STS) 2 tahun pelajaran 2023/2024 secara digital.

Di mana murid dari kelas 4 hingga kelas 6 mengikuti SAS dan STS atau yang lebih dikenal di Kurikulum 2013, yaitu Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan menggunakan Chroombook dan Gawai (Android). Kegiatan SAS ini dilaksanakan dengan memanfaatkan Aplikasi Quizziz dan Google Form/GoogleSite.

Kepala UPTD SDN 47 Kota Parepare Sudirman Manda mengatakan, penilaian atau asesmen SAS dan STS yang dilaksanakan di sekolah memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru.

“Sebelum asesmen dilaksanakan, kami telah menyosialisasikan kepada seluruh orang tua siswa khususnya orang tua siswa yang anaknya sementara duduk di kelas 4, 5, dan 6. Orang tua siswa menyambut dengan baik kegiatan penilaian yang dilakukan sekolah yang berbasis digital ini,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk murid yang masih duduk di kelas 1, 2, dan 3, pihak sekolah masih menggunakan sistem penilaian atau asesmen secara manual dengan menggandakan soal penilaian untuk dikerjakan di kelas masing-masing.

“Perlu diketahui bahwa penilaian atau asesmen Sumatif Tengah Semester II tahun ppelajaran 2023/2024 berlangsung mulai tanggal 19 sampai 24 Februari 2024,” jelasnya.

Selain itu, kata dia berdasarkan pantauan di kelas, para murid kelihatan sangat antusias dan bersemangat mengikuti penilaian atau assessmen Sumatif Tengah Semester ini yang berbasis digital. Mereka sibuk dengan gawainya masing-masing.

“Demi kesuksesan kelancaran kegiatan penilaian berbasis digital ini, pihak kami telah menyiapkan fasilitas internet gratis berupa wi-fi atau router. Kemudian ada beberapa orang tua siswa yang juga memfasilitasi putra-putrinya kuota internet untuk membantu sekolah dalam melaksanakan kegiatan ini,” ujarnya.

Karena itu, Sudirman Manda bersyukur atas pelaksanaan asesmen yang berbasis digital ini.”Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas suksesnya kegiatan asesmen berbasis digital ini,” jelasnya.

Menurutnya, assesment ini sudah dua kali dilaksanakan di sekolah. Di mana pada penilaian Sumatif Akhir semester 1 dan pekan ini semuanya berjalan dengan lancar.

“Apresiasi yang setulus-tulusnya kepada Bapak Ibu Guru tekhusus kepada orang tua siswa yang turut mendukung pelaksanaan kegiatan penilaian berbasis digital ini,” tandasnya.

Sekadar informasi, sejak kepemimpinan Sudirman Manda selaku Kepala UPTD SDN 47 Kota Parepare terhitung Maret 2022, hingga sekarang ini sudah 91 penghargaan yang telah ia persembahkan. Penghargaan yang diraih tersebut merupakan prestasi yang dipersembahkan oleh para murid, guru, dan kepala sekolah.

Penghargaan yang diraih tersebut mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional.Di antaranya, 82 penghargaan yang diraih murid SDN 47, 4 penghargaan yang diraih oleh guru, dan 5 penghargaan yang diraih oleh kepala sekolah. (*)

  • Bagikan