Harta Karun Migas Ditemukan di Sulawesi Tengah

  • Bagikan
ilustrasi

JAKARTA, BACAPESAN.COM — Dalam rangkaian pengeboran eksplorasi Indonesia tengah di Wilayah Sulawesi, Pertamina EP dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas) melakukan tajak sumur eksplorasi Julang Emas (JLE)-001 di lokasi pengeboran eksplorasi Kabupaten Banggai Sulawesi tengah.

Sebelumnya Pertamina EP dan SKK Migas telah mengerjakan pengeboran Eksplorasi East Wolai (EWO)-001 dan West Wolai (WWO)-001 pada kwartal 4 tahun 2023 kemarin.

Sumur Julang Emas (JLE)-001 terletak di lapangan Donggi, tepatnya di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Sumur eksplorasi tersebut akan dibor secara directional menggunakan Rig PDSI #04.3 dengan rencana kedalaman akhir sumur di 2000an mMD (metre measured depth).

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi D Suryodipuro mengatakan Upaya ini dilakukan SKK Migas dan KKKS dalam rangka menemukan cadangan migas baru atau giant discovery untuk memenuhi kebutuhan energi nasional.

“Pengeboran eksplorasi ini dimaksudkan untuk menguji dan mengevaluasi potensi kandungan migas dengan jumlah sumber daya yang akan dibuktikan kurang lebih 40 MMBOE (Million Barrels of Oil Equivalent) dari 2 formasi target. Program pengeboran sumur eksplorasi direncanakan kurang lebih 80 hari sampai dengan tes produksi selesai,” terang Hudi lewat keterangan resminya, dilansir pada Rabu (21/2/2024).

Menurut Hudi, pengeboran atau eksplorasi di wilayah Sulawesi saat ini gencar dilakukan karena Sulawesi memiliki potensi migas yang besar. (fajar online))

  • Bagikan