Pemprov Sulsel Usulkan 4.303 Kuota Formasi PPPK Guru

  • Bagikan
ilustrasi

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) kembali dibuka oleh Kemenpan-RB. Sebanyak 221.936 kuota di antaranya untuk formasi guru.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Sukarniaty Kondolele menyampaikan, pihaknya mengusulkan formasi sebesar 4.303 kuota untuk calon guru berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ini menandakan kebutuhan guru di Sulsel masih cukup tinggi. Peluang terbuka lebar bagi para honorer dan fresh graduate. Terlebih lagi, pemerintah pusat mendorong para pelajar yang baru lulus untuk diterima bekerja sebagai PPPK. Juga bagi para honorer yang diupayakan masuk melalui jalur PPPK, mengingat penghapusan tenaga honorer pada 2024 sedang digarap.

Secara keseluruhan, Pemprov mengusulkan sebanyak 9.993 formasi PPPK ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Dari jumlah tersebut, terbagi menjadi tiga jenis formasi, yatu formasi guru, tenaga kesehatan, dan fungsional teknis.

“Pengusulan kebutuhan tersebut sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat dalam pemenuhan kebutuhan ASN Tahun Anggaran 2024,” ujar Ani, sapaannya, Selasa, 20 Februari.

Ani menjelaskan, untuk usulan kebutuhan ASN tahun ini, lebih banyak pada tenaga fungsional teknis. Lalu diikuti oleh tenaga pendidik dan nakes paling sedikit. Masing-masing jumlah usulannya ialah 5.591 formasi untuk fungsional teknis, 4.303 formasi untuk tenaga guru, dan 99 formasi untuk tenaga kesehatan.

Usulan tersebut juga merujuk pada kondisi status pegawai dan tenaga non-ASN yang ada di Pemprov Sulsel saat ini. Apalagi, sebelumnya BKD telah meminta seluruh unit kerja di Pemprov Sulsel untuk mengusulkan sebelum merampungkan jumlah kuota yang dapat diusulkan ke pusat.

  • Bagikan