Umrah Backpacker Jadi Tren, MUI: Silahkan Dicoba

  • Bagikan
ilustrasi ibadah umrah

Bagi masyarakat yang ingin melakukan umrah backpacker, harus bisa menjaga nama baik bangsa Indonesia. Di antaranya adalah memastikan tiket berangkat dan pulangnya sudah ada. Kemudian juga pastikan menginap di hotel yang layak.

’’Jangan kemudian di sana hanya tidur di masjid. Sewa hotel yang layak, berangkat ke Masjidilharam dengan kondisi bersih,’’ tuturnya.

Menurut Cholil, saat ini sistem perjalanan lintas batas masyarakat sudah jauh berubah. Masyarakat Indonesia sekarang bisa dengan mudah melancong ke negara-negara terjauh sekalipun. Sementara untuk umrah, masyarakat hanya berkunjung ke Saudi.

Di bagian lagi Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Firman M. Nur mengatakan, soal harga sejatinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara umrah backpacker dengan lewat travel.

’’Apalagi beberapa waktu lalu harga referensi umrah sudah diturunkan,’’ katanya.

Dari semula Rp 26 juta per orang menjadi Rp23 juta per orang. Harga referensi itu adalah harga patokan minimal berangkat umrah yang dibahas bersama antara travel umrah dengan Kemenag.

Harga referensi ini untuk mencegah adanya paket umrah yang sangat murah, sehingga beresiko gagal berangkat. Harga referensi ini ditetapkan setelah muncul kasus First Travel beberapa waktu lalu. (fajar online)

  • Bagikan