Partisipasi Pemilih di Kota Parepare Tembus 85,6 Persen

  • Bagikan

PAREPARE, BACPESAN.COM – Partsipasi pemilih pada pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 di Kota Parepare mengalami peningkatan yang signifikan dengan mencapai 85,6 persen jika dibandingkan pada 2019 lalu, sekitar 75 persen.

Hal itu, diungkapkan Ketua KPU Parepare, Muhammad Awal Yanto yang didampingi empat komisioner KPU lainnya. Yakni, Kalmasyari, Ilham H Muhtar, Nur Islah, dan Ahmad Perdana Putra saat menggelar press release usai melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilu 2024. Kegiatan itu, berlangsung di Media Centre, KPU Kota Parepare, Rabu, 28 Februari 2024.

Muhammad Awal Yanto mengatakan tingkat partisipasi pemilih di tahun 2024 mengalami peningkatan signifikan sebesar 10 persen dibandingkan pemilu 2019 lalu sekitar 75 persen.

“Hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang lebih tinggi dalam berpartisipasi dalam proses demokrasi,” katanya.

Dia mengungkapkan, kebahagiaannya atas lancarnya proses rekapitulasi dari 395 TPS yang tersebar di 4 daerah pemilihan.

“Alhamdulillah, kami menyelesaikan rekapitulasi perhitungan perolehan suara pemilu hari ini,” jelasnya.

Sementara, Komisioner KPU Parepare Divisi Sosdiklih-Parmas-SDM, Ahmad Perdana Putra, menegaskan rencana pihaknya untuk melakukan riset terkait perilaku pemilih guna meningkatkan partisipasi pemilih di masa mendatang. Program sosialisasi yang beragam akan disusun, dengan fokus pada pemilih muda dan segmen masyarakat lainnya.

“Tim riset akan menelusuri perilaku pemilih untuk menentukan jenis sosialisasi yang cocok sesuai segmen masyarakat,” ungkapnya. Di berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan partisipasi dalam proses demokrasi, termasuk menyambut Pilkada yang akan kembali dilaksanakan pada tahun 2024.

“Ke depan fokus kami sebelum masuk ke tahapan Pilkada, kami akan menelusuri perilaku pemilih sehingga bisa menentukan jenis sosialisasi yang cocok untuk menyasar segmentasi masyarakat pemilih,” tandasnya.(rud)

  • Bagikan