BPJS Kesehatan Mengajak Milenial Mengenal JKN dengan Lebih Dekat

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Dalam era yang dipenuhi dengan perubahan dinamis dan tantangan baru, kesehatan menjadi aset yang tak ternilai harganya. Namun, tahukah kita betapa pentingnya mendapatkan perlindungan kesehatan yang memadai, inilah yang ingin ditekankan oleh BPJS Kesehatan, khususnya kepada generasi milenial.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk menyosialisasikan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di seluruh lapisan masyarakat mulai dari pemukiman, perkantoran, pusat keramaian hingga merambah ke kampus.

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Parepare menjadi salah satu tujuan BPJS Kesehatan Cabang Parepare dalam memberikan pemahaman terkait pengelolaan Program JKN, Rabu (07/03). BPJS Kesehatan memenuhi undangan sebagai narasumber yang dirangkaikan dengan kegiatan Seminar Kesehatan Mahasiswa bertajuk Connecting Health For Students 2024 (COHOST).

Generasi muda, terutama mahasiswa, sering kali memiliki sedikit pemahaman tentang pentingnya perlindungan kesehatan dan manfaat yang diberikan oleh program-program seperti BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, sosialisasi yang efektif di lingkungan kampus dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi milenial tentang prosedur pelayanan, hak, dan kewajiban sebagai peserta JKN.

“Langkah ini dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat khususnya generasi milenial akan pentingnya program JKN melalui pemberian informasi langsung. Harapannya, mereka dapat turut aktif dalam menyebarluaskan informasi tentang pengelolaan program JKN kepada masyarakat,” ungkapnya.

Mahasiswa yang hadir pada kegiatan tersebut merupakan perwakilan dari masing-masing fakultas dan sebagian besar sudah terdaftar sebagai peserta JKN dari berbagai segmen. Ada yang dari orang tuanya sebagai Pekerja Penerima Upah (PPU), anak dari Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan ada pula peserta mandiri (PBPU), sebagian besar dari mereka juga sudah mengunduh aplikasi Mobile JKN.

Kepala Pusat Pengembangan Mutu dan Karir Mahasiswa IAIN Parepare, Mahyuddin menyambut baik kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan pihak kampus dan berterima kasih karena BPJS Kesehatan sudah berkenan menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan COHOST 2024.

“Kami sangat merespon baik bila ada kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan pihak kampus. Dengan adanya sosialisasi ini mahasiswa bisa lebih paham pentingnya menjadi peserta JKN dan dapat menambah pengetahuan terkait program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan,” terang Mahyuddin.

Dengan menjadi peserta JKN berarti kita telah memberikan perlindungan kepada keluarga kita ketika sakit dan secara tidak langsung kita membantu sesama karena saat kita sehat premi yang kita bayarkan dapat membantu peserta lain yang sedang sakit.

Namun, sosialisasi tidak hanya dilakukan di dalam ruangan. BPJS Kesehatan juga turut menghadirkan layanan mobil BPJS Keliling untuk memudahkan peserta yang hadir dalam mengakses layanan administrasi. Antusiasme mahasiswa dan dosen terhadap layanan ini menunjukkan bahwa inisiatif ini sangat diapresiasi dan dibutuhkan.

“Saya melihat respon mahasiswa dan teman-teman yang ada di akademik khususnya para dosen sangat antusias dengan kehadiran mobil BPJS keliling. Dengan adanya BPJS kesehatan keliling ini, memudahkan mahasiswa dalam mengakses layanan baik itu untuk pendaftaran peserta baru, pengecekan data maupun melakukan perubahan data,” tambahnya.

Di akhir kegiatan, harapan pun terucap dari Mahyuddin. Ia berharap kegiatan sosialisasi ini dapat terus dilakukan di kampus IAIN Parepare. Menurutnya kegiatan ini mendapatkan respon positif dari mahasiswa dan pihak akademik. Dengan adanya sosialisasi bisa membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan kesehatan bagi para generasi milenial.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, semoga kegiatan ini bisa diagendakan kembali mengingat antusias dari para mahasiswa dan pihak akademik, atau minimal bisa mendatangkan Kembali mobil BPJS kesehatan keliling di kampus IAIN Parepare mengingat pelayanan yang diberikan mudah diakses dan waktu pelayanan yang singkat” tutupnya. (***)

  • Bagikan