Hari Pertama Ramadan, Pj Sekda Gowa Dampingi Pj Gubernur Sulsel Pantau Harga dan Ketersediaan Stok Pangan

  • Bagikan
Pj Sekda Gowa Kabupaten Gowa mendampingi Pj Gubernur Sulsel melakukan pemantauan harga bahan pokok di Pasar Minasa Maupa Sungguminasa, Selasa (12/3).

GOWA, BACAPESAN.COM – Ketersedian stok dan kenaikan harga bahan pokok saat Ramadan dan jelang Idul Fitri menjadi perhatian bagi pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, termasuk di Kabupaten Gowa.

Pemantauan pasar pun terus dilakukan dalam memastikan stok kebutuhan pangan masyarakat bisa terpenuhi selama Ramadan ini hingga tidak adanya kenaikan harga yang signifikan, yang kali ini dilakukan di Pasar Minasa Maupa Sungguminasa, Selasa (12/3).

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania usai mendampingi Pj Gubernur Sulawesi Selatan mengatakan dari semua bahan pokok hingga saat ini masih tersedia, termasuk harga yang memang mengalami kenaikan namun masih dalam tahap kewajaran.

“Pada umumnya semuanya masih dalam kategori normatif saja, harganya memang tidak bisa dipungkiri bahwa satu atau dua komoditi misalnya cabe mengalami kenaikan harga tapi itu masih dalam toleransi,” ungkapnya.

Dirinya menyebut permintaan masyarakat memang cukup tinggi saat awal Ramadan hingga Idul Fitri nanti sehingga hal tersebut memicu terjadinya kenaikan harga pada sebagai bahan pokok.

“Kenaikan harga terjadi karena permintaan cukup besar, kita tidak bisa pungkiri jika harga terlalu ditekan akan merugikan dari pedagang itu sendiri khususnya para petani kita sehingga jika kenaikannya sekitar 10 persen itu masih wajar, namun jika sudah berkali lipat pasti kita lakukan intervensi,” jelasnya.

Sementara pada komoditi beras, saat ini masih sangat tersedia di Bulog, bahkan saat ini Bulog menyediakan beras kemasan lima liter dengan harga Rp53 ribu.

  • Bagikan