BI Sulsel Siapkan Rp5,5 Triliun Uang Kartal Momen Ramadan hingga Idul Fitri

  • Bagikan
Kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024 yang digelar di Kantor BI Senin (18/3/2024).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) menyiapkan Rp 5,5 Triliun uang kartal untuk memenuhi kebutuhan Masyarakat di momen Ramadan hingga Idul Fitri.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel, Rizki Emadi Winanda dalam acara Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024 yang digelar di Kantor BI, Senin (18/3/2024).

Menurut Rizki, jumlah ini mengalami peningkatan sekitar 3,6 persen dibanding tahun lalu yaitu Rp5,3 Triliun menjadi Rp5,5 Triliun. “Pemenuhan kebutuhan uang kartal melalui penarikan Bank ini sudah dimulai sejak tanggal 13 maret sampai dengan 5 April,” pungkasnya.

Secara nasional, BI bekerja sama dengan perbankan sudah menyiapkan di 4264 titik Penukaran, khusus Sulsel 75 titik Penukaran, ditambah 4 kas titipan di Bone, Bulukumba, Palopo, dan Parepare.

Selain layanan Penukaran oleh perbankan, layanan kas keliling juga dilakukan bersama dengan perbankan. “Ini juga dilaksanakan diberbagai event group lokal di Sulsel khususnya Makassar, hal ini dilakukan sebagai upaya memberikan akses yang luas terkait layanan Penukaran kepada masyarakat khususnya uang pecahan kecil (UPK),” jelas Rizki.

Lebih jauh, Kas keliling yang bersama dengan perbankan tahun ini juga akan menyasar beberapa titik yang tersebar di Makassar. Hal itu dilakukan agar pemenuhan uang kartal khususnya UPK dapat terjadi di seluruh wilayah di Sulsel, dengan dapat segera terdistribusi melalui perbankan.

“Penukaran uang di mobil kas keliling BI di Sulsel di mulai 18 Maret. Selain itu Kas keliling juga akan dilakukan di 12 instansi pemerintah sebagai mitra strategis BI Sulsel, dan juga joint event di Kota Makassar dan sekitarnya,”ungkapnya.

  • Bagikan