Bupati Adnan Sebut Peran Pemuda dalam Pembangunan Daerah Sangat Dibutuhkan

  • Bagikan
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri kegiatan Musrenbang Pemuda di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Kamis (21/3).

GOWA, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa merupakan salah satu daerah yang setiap tahunnya rutin melaksanakan Musrenbang Pemuda sebagai bentuk komitmennya untuk menyerap aspirasi para pemuda dalam merumuskan program perencanaan pembangunan.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan peran pemuda dalam pembangunan sangat dibutuhkan, sehingga dalam menyusun perencanaan Pemkab Gowa selalu melibatkan para organisasi pemuda hingga anak, perempuan dan disabilitas melalui pelaksanaan Musrenbang.

“Hari ini kita melakukan Musrenbang Pemuda, dimana Gowa merupakan daerah di Indonesia yang konsisten melaksanakan Musrenbang Pemuda setiap tahunnya, bahkan dua hari yang lalu kita melaksanakan Musrenbang Anak, Perempuan dan Disabilitas dan melaksanakan Musrenbang Tematik stunting dan juga kemiskinan ekstrem karena kita ingin perencanaan ke depan betul-betul menyentuh permasalahan yang ada dari segala sektor,” ungkapnya saat membuka Musrenbang Pemuda di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Kamis (21/3).

Musrenbang Pemuda Tahun 2024 ini mengangkat tema “Kewirausahaan Pemuda Mendorong Inovasi dan Kreativitas dalam Pengembangan Ekonomi Lokal,” dimana salah satu prioritas pembangunan Kabupaten Gowa tahun 2025 yang tercantum dalam RKPD yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang merata dan berdaya saing, sehingga Kabupaten Gowa ingin lebih berperan dalam kebangkitan ekonomi provinsi, bahkan nasional, salah satunya melalui peran pemuda.

“Sebagaimana yang kita ketahui bahwa tahun 2045 Indonesia akan menghadapi bonus demografi, namun bonus demografi itu mampu diraih jika kita memilik SDM yang unggul. Sehingga inilah pentingnya musyawarah rencana pembangunan pemuda untuk mempersiapkan Pemuda tahun 2045 mendatang, dengan harapan musrembang ini menjadi langkah penyempurna pembangunan kepemudaan di Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Olehnya ia meminta para organisasi pemuda yang ada mampu mempersiapkan diri mulai sekarang untuk menjadi generasi yang unggul dan memiliki kualitas kompetensi, sekaligus memberi saran dan masukan terkait program yang akan dijalankan oleh pemerintah dengan catatan terintegrasi drngan program prioritas pemerintah daerah.

“Mari kita berkolaborasi dengan baik karena kesuksesan itu bisa diraih dengan cara kolaborasi, bekerjasama dengan seluruh pihak. Hari ini kita buktikan dan mampu bekerja sama dengan seluruh organisasi kepemudaan yang ada,” tambah Adnan.

  • Bagikan