Stabilitas Harga Bahan Pokok, Pemkot Parepare Ajak Masyarakat Belanja di Gerakan Pangan Murah

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mengambil langkah proaktif dalam memastikan stabilitas harga bahan pokok. Salah satunya dengan mengajak masyarakat Parepare untuk berpartisipasi dalam Gerakan Pangan Murah Serentak yang digelar Pemkot Parepare.

Tujuannya untuk mengamankan pasokan dan menjaga harga pangan agar tetap terjangkau menjelang Hari Raya Idul Fitri. Di mana, Gerakan Pangan Murah Serentak ini menjadi wujud nyata komitmen pemerintah dalam memastikan ketersediaan pangan yang cukup dan harga yang stabil di tengah-tengah perayaan Idul Fitri.

Langkah ini diharapkan dapat membantu masyarakat Parepare dalam memenuhi kebutuhan pangan dengan harga yang terjangkau, sehingga memudahkan mereka dalam menyambut hari yang fitri ini dengan tenang dan sejahtera.

Gerakan Pangan Murah Serentak ditandai dengan pelaksanaan Apel Siaga Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Hari Raya Idul Fitri 2024 secara nasional yang dipusatkan di Jakarta, dan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dipusatkan di Makassar, Senin, 1 April 2024.

Pada tingkat Sulsel dibuka resmi Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin secara virtual, dan di Kota Parepare dilaksanakan di pelataran Komplek Islamic Centre.

Hadir Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kota Parepare Noldy Yosep Rengkuan mewakili Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali, unsur Forkopimda, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Parepare Muh Idris, Kepala Dinas Perdagangan Parepare Andi Wisnah T, jajaran Dinas PKP Parepare, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Rudy M, para Camat dan Lurah se-Parepare, Bulog, dan para mitra pendukung Gerakan Pangan Murah.

Dalam kesempatan itu, Noldy Yosep Rengkuan atas nama Pj Wali Kota mengajak masyarakat untuk berbelanja pangan murah di Gerakan Pangan Murah ini. Kegiatan berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa, 1-2 April 2024.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan jelang Hari Besar Keagamaan Nasional Idul Fitri 2024. Harapannya, dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan harga murah menjelang Hari Raya Idul Fitri,” harap Noldy.

Komoditas yang dijual di Gerakan Pangan Murah ini antara lain beras seharga Rp52 ribu per 5 kg, tepung terigu Rp10 ribu per kg, cabai rawit Rp45 ribu per kg, minyak goreng Rp14 ribu per liter, bawang merah Rp30 ribu per kg, bawang putih Rp40 ribu per kg, gula pasir Rp16 ribu per kg, daging ayam Rp100 per 3 ekor, telur ayam ras Rp53 ribu per rak, sayur sayuran, dan aneka olahan pangan.

Kegiatan ini kolaborasi Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan, Dinas PKP, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Kelompok Wanita Tani, Bulog, ritel, dan beberapa mitra lainnya.(rud)

  • Bagikan