Jelang Idul Fitri, Dinas PKP Intensifkan Pengawasan lalulintas Hewan Ternak

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) intes memperketat pengawasan lalulintas hewan ternak. Kali ini, dipusatkan di Perbatasan Parepare-Barru.

Kepala Dinas PKP Kota Parepare Wildana didampingi Kabid Peternakan Dinas PKP, Farid Mahzar turun langsung melakukan pengawasan lalulintas hewan ternak di Jalan Bau Massepe, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare tepatnya di jalur masuk Terminal Lumpue, Jumat, 5 April 2024, malam. Tak hanya pengawasan lalulintas hewan ternak, Dinas PKP juga melakukan pengawasan di beberapa pasar di Parepare.

Wildana mengatakan, pengawasan lalu lintas hewan ternak ini dilakukan, karena Parepare merupakan kota pelintasan.

“Ini kita adakan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tujuannya, bagaimana kita memastikan, khusunya hewan ternak yang di lalu lintaskan, Insyallah legal dan aman di konsumsi oleh masyarakat,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan kontribusi Dinas PKP Kota Parepare dalam menjaga keamanan pangan, khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Dari hasil pengawasan ini, Alhamdulillah belum kami temukan ternak yang istilahnya tidak legal. Insyaallah, semuanya aman untuk di konsumsi oleh masyarakat,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, dalam pengawasan ini, pihaknya memeriksa administrasi, terkhusus Surat Kesehatan Hewan Ternak (SKKH) yang dikeluarkan oleh daerah asal.

“Kalau ternak yang kami temukan itu tidak lengkap dengan administrasi, kami pulangkan atau tidak di izinkan untuk lewat,” tandasnya.(rud)

  • Bagikan