Warek 1 Unhas, Prof Ruslin Tegaskan Tidak Ada Calo dalam Proses Penerimaan Mahasiswa di Unhas

  • Bagikan
Prof Ruslin dalam jumpa pers dan buka bersama media, Sabtu (6/4/2024).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar bersiap menerima mahasiswa baru. Sejalan dengan itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Muhammad Ruslin mewanti-wanti calon mahasiswa tidak percaya pada calo.

Menurut Prof Ruslin, calo telah menjadi fenomena yang melekat setiap masa penerimaan mahasiswa baru dan banyak yang percaya bisa masuk Unhas dengan bantuan calo. 

“Kami peringatkan untuk penerimaan mahasiswa baru tidak ada calo dan kami melakukan penerimaan mahasiswa secara clear,” ucapnya dalam jumpa pers dan buka beramaa media, Sabtu (6/4/2024).

Lebih jauh fenomena penggunaan calo untuk masuk universitas sering ditemui pada jurusan-jurusan ngetop dengan peminat yang sangat banyak tetapi jumlah penerimaan sedikit seperti kedokteran.

Olehnya, Prof Ruslin juga mengajak agar masyarakat khususnya wartawan melaporkan jika menemui kejadian demikian. 

“Barang siapa yang menemukan orang menyediakan jasa masuk Unhas, ayo di laporkan dan sama-sama kita tangkap,” pungkasnya.

Prof Ruslin juga menjelaskan, ada banyak jalur yang bisa di coba mahasiswa untuk masuk dan berkuliah di Unhas antara lain Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dengan kuota penerimaan minimal 20 persen, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dengan kuota minimum 40 persen, dan jalur Mandiri dengan kuota 30 persen.

Khusus jalur penerimaan SNBT, pendaftaran dimulai pada 21 Maret hingga 5 April 2024. Dilanjutkan dengan pelaksanaan UTBK gelombang 1 pada 30 April dan 2-7 Mei 2024. Pelaksanaan UTBK gelombang 2 dilaksanakan 14-20 Mei 2024.  Pengumuman jalur SNBT akan dilaksanakan pada 13 Juni 2924 dan untuk masa unduh  UTBK  akan dilakukan pada 17 Juni hingga 31 Juli. (Hikma)

  • Bagikan