Lurah Sarira Ajak Warganya Manfaatkan Pekarangan Rumah 

  • Bagikan
Pembagian bibit tanaman di kelurahan Sarira

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Dalam rangka meningkat perekonomian masyarakat dan menghemat pengeluaran rumah tangga, maka lurah Sarira, Kecamatan Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja, Thomas Kala’ Padang aktif mengajak warganya untuk memanfaatkan pekarangan rumah yang kosong.

Menurut lurah Sarira, Thomas Kala’ Padang kepada media disela-sela kegiatan pembagian bibit sayuran kepada dasawisama, menyampaikan bahwa pemanfaatan lahan warga telah dilakukan beberapa tahun terakhir.

Dijelaskan program pemanfaatan lahan ini menindaklanjuti program bupati Tana Toraja pemanfaatan lahan pekarangan rumah yang kosong untuk ditanami tanaman sayur disamping menghemat pengeluaran kebutuhan dapur juga baik untuk kesehatan karena ditanam sendiri dengan menggunakan pupuk organik. 

“Kami terus mengedukasi warga melalui dasawisma yang ada di Sarira untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang kosong dan program ini telah berjalan dalam beberapa tahun terakhir,” jelas Thomas.  

Ditambahkan bahwa program pemanfaatan lahan ini melibatkan 48 dasawisama di  empat lingkungan yang ada di Sarira, dimana setiap dasawisma menerima bibit sayuran lalu masing-masing dasawisma melalui kesepakatan bersama untuk menanam bibit tersebut disatu tempat dan dikerjakan bersama-sama lalu hasilnya nantipun dibagi-bagi oleh anggota dasawisma yang ada. 

Dirinya berharap kepada warga agar memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam tanaman sayur yang ada untuk membantu ekonomi keluarga. Dan kepada setiap dasawisma dirinya berharap bekerja secara bersama-sama.

Sementara itu, salah satu anggota dasawisma, Sarce mengatakan bahwa dasawismanya telah beberapa kali menerima bibit untuk ditanam dan hasilnya pun dibagi bersama anggota kelompok dasawisma. Bibit yang diterima

“Kami berterima kasih kepada pemerintah yang memberikan kami bibit sayuran melalui kelurahan, sehingga kami bisa menghemat pengeluaran kami di dapur  dan berharap program ini bisa berkelanjutan,” ucap Sarce. (Cherly

  • Bagikan