Anggaran Nyaris 1 Miliar, Bantuan Alat Permainan Edukatif Anak di Pangkep Pakai Drum

  • Bagikan
Alat Permainan Edukatif Anak di Pangkep

PANGKEP, BACAPESAN.COM – 6 Sekolah tingkat Taman Kanak kanak (TK) di Pangkep, keciprat bantuan Pengadaan Alat Peraga Edukatif (APE). Nilainya pun lumayan fantastis yakni sebesar hampir Rp1 Miliar dari DAK 2023.

Uniknya pekerjaan yang mencakup arena bermain anak, seperti trampolin, ring basket, prosotan, monkey bar hingga permainan ketangkasan anak ini, justru dimenangkan oleh satu perusahaan yang bergerak di bidang konveksi yakni CV. Kallolo Utama Karya.

Tidak hanya itu dari pantauan di lapangan, proyek yang menelan anggaran Rp158 juta tiap sekolah ini terdapat alat peraga yang hanya menggunakan drum minyak yang disambung antar drum yang satu untuk dijadikan terowongan bermain anak.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkep, Andi Haslina mengatakan, jika perusahaan pemenang tender adalah satu satunya perusahaan yang bersyarat.

“Satu-satunya yang memenuhi syarat hanya itu, sehingga yang mengadakan barang dari CV Kallolo, termasuk jaminan SNI,” ungkap Andi Haslina, selasa (23/04/2024).

Lebih jauh dikatakan, jika enam sekolah TK yang menerima bantuan pengadaan yakni TK Lanne kecamatan Tondong Tallasa, TK Aisyiyah Mattoanging, kecamatan Pangkajene, TK Aba Bonto Sungguh, TK Politani, TK Pembina dan TK Semen Tonasa II.

“Pengadaan ini ada karena dapodiknya dan tentu lokasi TK tersebut, kalau tidak ada lokasi pasti tidak bisa,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Bagian ULP Pangkep, Sofyan menyampaikan bahwa, memang CV tersebut selama ini dikenal sebagai perusahaan konveksi. Namun, pihaknya mengaku perusahaan tersebut juga mengantongi Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk pengadaan alat permainan.

“Iya jadi memang perusahaan itu juga punya NIB, jadi ada beberapa kategori usaha yang dijalankan, termasuk untuk pengadaan alat permainan,” tutupnya. (atho)

  • Bagikan