Hardiknas, Momentum Lahirkan Layanan Pendidikan Bermutu

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKSUL — Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 menjadi momentum bagi Universitas Negeri Makassar (UNM) untuk melahirkan layanan pendidikan yang berkualitas, Kamis, 2 Mei 2024.

Rektor UNM Prof Husain Syam menegaskan, layanan pendidikan yang berkualitas akan melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

“Semangat Hardiknas bagi seluruh elemen, pelaku pendidikan, tentu berkomitmen untuk melahirkan pelayanan pendidikan berkualitas dan bermutu dalam melahirkan SDM unggul untuk Indonesia maju,” ujarnya.

Ia menuturkan momentum Hardiknas ini harus selalu dimaknai, bahwa pengembangan pendidikan, transformasi yang biasa menjadi digitalisasi, menjadi sebuah keharusan literasi, demi meningkatkan kualitas pendidikan.

”Ini momentum yang sangat spesial, karena peringatan Hardiknas terakhir bagi pak menteri. Secara beriringan, saya juga akan mengakhiri masa jabatan sebagai rektor UNM. Jadi saya anggap ini sebagai momen spesial,” sambungnya.

Kepala LLDikti Wilayah IX, Andi Lukman memaknai Hardiknas kali ini menjadi lebih dinamis dengan program merdeka belajar. Menurutnya, hal ini sangat baikkarena arah pendidikan sudah berada di jalur yang benar.

Selain itu, kata Lukman, program merdeka belajar juga telah memberikan akses kebebasan bagi Perguruan Tinggi untuk mengelola dan mengatur dirinya sendiri.

Harapannya, bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan melahirkan alumni yang unggul.

”Perguruan Tinggi diberi kesempatan seluasluasnya untuk mengatur dirinya sendiri. Sehingga, diharapkan dapat melahirkan lulusan dengan kualitas pengetahuan tinggi, terampil, mumpuni dan karakter luar biasa,” kata dia.

Lukman juga menegaskan, inti dari segala yang dilakukan oleh perguruan tinggi adalah menciptakan alumni yang siap bekerja atau bahkan membuka lapangan pekerjaan baru.

”Intinya, Perguruan Tinggi harus mengantarkan lulusannya ke dunia kerja,” tegasnya. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version