Polres Tator Gandeng Babinsa Himbau Masyarakat Untuk Selalu Waspada

  • Bagikan
Sinergitas antara Bhabinkamtibmas dengan babinsa membantu masyarakat masyarakat. 

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Untuk mencegah adanya korban jiwa akibat bencana alam terutama longsor dan untuk memastikan tidak ada korban jiwa jajaran Polres Tana Toraja (Tator), yakni Bhabinkamtibmas Polsek Saluputti  gandeng Babinsa mendatangi lokasi bencana tanah longsor di Dusun Luya Lembang Sasak Kecamatan Bittuang Kabupaten Tana Toraja, Rabu, 8 Mei 2024. Untuk memberikan himbauan dan mengecek kondisi.

Dimana akibat curah hujan yang cukup tinggi yang mengakibatkan longsor dan menutup akses jalan menuju Lembang Rembo’-Rembo’ Kecamatan Bittuang, pada Selasa, 7 Mei 2024 sore tidak bisa diakses.

Menurut Kapolres Tator,  AKBP Malpa Malacoppo melalui Kapolsek Saluputti, AKP Agus Lallo mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk implementasi sinergi Polres dengan TNI yang harus selalu memberikan bantuan untuk masyarakat disekitar tempat bertugas dan  juga sebagai bentuk kepedulian bersama akibat dampak bencana alam.

Disebutkan Agus bahwa bhabinkamtibmas dan babinsa membantu warga untuk mengevakuasi kendaraan roda dua untuk melintas, dan juga membantu membersihkan material longsor di lokasi  serta memasang papan pengumuman yang berisikan peringatan yakni “hati -hati daerah rawan longsor”

Ditempat terpisah, Kapolres Tator, AKBP Malpa Malacoppo kepada media mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas harus selalu tanggap dan waspada di lapangan sehingga diharapkan anggota terus memonitor dan memantau perkembangan situasi di wilayah binaan masing-masing. Bila mana terjadi hal yang tidak diinginkan, termasuk bencana longsor, maka masyarakat bisa lekas terbantu atau tertolong guna mengurangi resiko kerugian yang lebih besar.

Dirinya tak henti-hentinya menghimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berupaya untuk mengantisipasi, bisa bergerak cepat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan mengingat saat ini cuaca ekstrem yang dapat mempengaruhi kontur tanah yang gembur menjadi  labil dan tidak kuat menahan air, sehigga terjadi longsor.  (Cherly)

  • Bagikan