UMKM Anak Modul IKB PPSP IKIP Ujungpandang Gaet Alumni Kembangkan Bisnis Di Hari Tua

  • Bagikan
Podcast Harian Rakyat Sulsel Inisiator UMKM Anak Modul IKB PPSP IKIP Ujungpandang, Isman Saladin.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini menjadi pondasi ekonomi Indonesia, tak terkecuali Sulawesi Selatan. 

Meski dibayang-bayangi Market Place yang bekerja secara digital, peluang dari sisi UMKM masih sangat besar.

Ini pula yang coba diwujudkan Inisiator UMKM Anak Modul IKB PPSP IKIP Ujungpandang, Isman Saladin. Menurut Isman, meski Anak Modul IKB PPSP IKIP Ujungpandang telah berada di generasi X, tetapi UMKM bisa membantu kemandirian dihari tua bahkan bagi anak cucu.

Isman menjelaskan, Anak Modul merupakan kelompok alumni IKB PPSP IKIP Ujungpandang sejak tahun 1975 yang masih menjalin silaturahmi hingga saat ini. 

“Meski sekolahnya tidak ada lagi, kami angkatan 75 ada di PPSP IKIP, dahulu seiring berjalan modul sangat di minati dan menjadi kurikulum dimana 8 provinsi ada modul ini. Di Makassar disebut PPSP modul ujungpandang,” ucapnya saat hadir di Podcast Harian Rakyat Sulsel, Jumat (10/5/2024).

“Di akhir 2023, kami ada reuni dan dari database 1600 orang alumni terkumpul, yang tersebar di beberapa provinsi. Dari hasil  pertemuan itu banyak ide yang muncul salah satunya UMKM,” tambahnya.

Tingginya minat akan pengembangan UMKM dikalangan alumni membawa terbentuknya UMKM Anak Modul IKB PPSP IKIP Ujungpandang.  Hal pertama yang dilakukan adalah melakukan inventarisasi UMKM agar bisa diintegrasikan dalam kegiatan Kelembagaan Inkubator Bisnis PPSP IKIP.

“Sebelumnya sudah ada, namun berdiri sendri. Jadi  ke depan kita satukan agar ada  monitoring dan UMKM para alumni  dapat tumbuh,” pungkasnya. 

  • Bagikan