Calon Jemaah Haji 2024 Asal Indonesia Meninggal Dunia dan Dikebumikan di Madinah

  • Bagikan
IST

PALEMBANG, BACAPESAN.COM – Seorang calon jamaah haji asal Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, yang tergabung dalam kloter 2 Embarkasi Palembang, meninggal dunia dan dimakamkan di Pemakaman Baqi, Madinah.

Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan, Qudus, mengungkapkan bahwa calon jamaah tersebut bernama Yusman, yang meninggal dunia di Rumah Sakit King Fahd, Madinah, pada Selasa, 14 Mei 2024, pukul 17:25 waktu Arab Saudi.

“Almarhum pagi ini dimakamkan di Pemakaman Baqi, Madinah,” ujar Qudus di Palembang, Rabu, dikutip dari ANTARA.

Menurut Qudus, berdasarkan keterangan Ketua Kloter 2 Embarkasi Palembang, Yusman mengalami penurunan kesehatan setelah tiba di Madinah pada 13 Mei.

Akibatnya, ia harus dirawat di rumah sakit. Setelah menjalani perawatan selama satu malam, Yusman dinyatakan meninggal dunia pada sore hari, dalam usia 64 tahun.

“Setelah melalui proses pengurusan dokumen dan pemusalaran jenazah di RS King Fahd, dinihari tadi jenazah almarhum dibawa ke Masjid Nabawi untuk disholatkan. Usai sholat Subuh, sekitar pukul 04:50 waktu Arab Saudi, almarhum dimakamkan di Pemakaman Baqi,” jelasnya.

Kakanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan, selaku Ketua Penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang, menyampaikan belasungkawa atas kepergian almarhum.

Irwan yakin bahwa almarhum meninggal dalam keadaan husnul khotimah, karena sedang dalam perjalanan menunaikan ibadah haji.

Irwan juga menginformasikan bahwa Yusman yang meninggal di Madinah akan dibadalhajikan karena pemerintah menyediakan program badal haji di setiap operasional penyelenggaraan ibadah haji.

“Program ini merupakan bagian dari layanan yang disiapkan bagi jamaah yang memenuhi kriteria,” tambahnya. (*)

  • Bagikan