Penyuluhan Kesehatan TMMD ke 120 TA 2024 Kodim 1403/Palopo Bahas Pencegahan dan Tatalaksana Stunting

  • Bagikan
Kodim 1403/Palopo saat melaksanakan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat di Kantor Desa Pamessakang Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (15/5/2024).

LUWU, BACAPESAN – Memasuki hari kedelapan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 120 TA 2024, Kodim 1403/Palopo melaksanakan kegiatan non fisik, yaitu penyuluhan kesehatan kepada masyarakat yang berlangsung di Kantor Desa Pamessakang Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (15/5/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kepala Desa Kisman S.Pd.,, Kepala Puskesmas Bambang Irawan Masmin M. Kep. Satgas TMMD Ke 120 Kodim1403/Palopo, Babinsa Kelurahan Pamessakang Serka Calid, Tokoh Masyarakat, dan warga sekitar.

Kades Pamessakang Kisman S.Pd., dalam kegiatan mengatakan, kesehatan sangat penting bagi warga. Dengan adanya TMMD yang dilaksanakan Satgas TMMD ke 120 Kodim 1403/Palopo, kata dia, sangatlah berguna bagi warganya, khususnya pada pencegahan dan tatalaksana Stunting.

“Ini sangat penting bagi warga kami dan warga yang hadir mendengarkan pemaparan dari tim dokter Puskesmas tentang kesehatan,” singkatnya.

Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Bua Bambang Irawan Masmin M Kes mengatakan, dengan adanya program penyuluhan kesehatan dengan tema “Pencegahan dan Tatalaksana Stunting” pihaknya menghadirkan dr. Bunadi M. Kes. untuk memeberikan pemaparan.

“Edukasi tentang Stunting ini perlu disampaikan ke masyarakat supaya masyarakat memahami bagaimana mencegah dan mengobati,” ujarnya.

Sekedar diketahui, kurang sehat dan timbulnya Stunting disebabkan empat hal di antaranya, Kesediaan bahan pangan atau ketahanan pangan, Lingkungan sosial, Pendidikan /kurang pengetahuan, dan Pekerjaan.

“Kami harap masyarakat supaya sering buka berita dan ikuti penyuluhan supaya memahami tentang kesehatan khususnya bagaimana mencegah dan mengobati Stunting. Karena mencegah akan lebih baik dari mengobati,” paparnya.

Adapun peserta penyuluhan kesehatan Isya (24), dalam sesi tanya jawab mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih dengan adanya TMMD ke 120 TA 2024 di Desa Pamessakang ini.

“Kami sebagai peserta khususnya wanita jadi nengetahui bagaimana menjaga kesehatan utamanya mencegah Stunting, kami bisa waspada dan bisa merawat sejak dini untuk lebih sehat kedepan dan mencegah Stunting,” ujarnya.

Kegiatan penyuluhan dalam rangka TMMD ke 120 TA 2024 Kodim 1403/Palopo terus berlangsung untuk memberikan dan pngetahuan bagi masyarakat sebagai wujud bahwa TNI hadir di masyarakat dan mencintai rakyatnya. (*)

  • Bagikan