Pesawat Garuda Terbakar, 450 JCH Gowa Selamat

  • Bagikan
Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 1105 terbakar sesaat setelah take off dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Rabu (15/5/2024).

Sebelumnya, Ketua Komisi VIII DPR-RI Ashabul Kahfi melakukan kunjungan di Asrama Haji Sudiang untuk memantau proses pemberangkatan jemaah calon haji. Kahfi mengatakan, selama proses pemberangkatan haji 2024 ini, para petugas diminta untuk telaten dalam memberikan pelayanan kepada para jemaah, apalagi tahun ini jemaah haji memiliki persentase 30 persen dari setiap kloter.

“Imbauan kami khususnya yang pertama kepada para petugas untuk fokus memperhatikan jemaah haji yang merupakan tanggung jawab dia, karena dalam satu kloter itu, karena satu kloter itu ada sembilan orang petugas haji,” kata Kahfi.

Tak hanya kepada para petugas, Kahfi juga mengimbau kepada para jemaah untuk memperhatikan kesehatan fisik selama proses pemberangkatan haji, apalagi sebelum mereka memasuki imbaha inti haji di Mina-Arab Saudi dan fokus untuk beribadah.

“Kepada para calon jemaah kami pesan khusus agar fokus beribadah, karena seluruh kebutuhan jamaah itu sudah terfasilitasi melalui kementerian,” imbuh dia.

Dia menyampaikan, sejak diberangkatkannya para jemaah haji dari tanah air ke Makkah sampai sejauh ini beberapa embarkasi di Indonesia masih berlangsung dengan lancar. “Alhamdulillah saya lihat semua berjalan dengan lancar, biasanya kan yang menjadi kendala itu keterlambatan jemaah haji tiba di asrama haji kemudian delay pesawat, nah alhamdulillah ini masih on time semua,” tutur dia.

“Kami berharap sampai selesai pemberangkatan dan sampai pemulangan bisa berjalan dengan lancar dan jamaah bisa kembali dengan baik dan selamat,” sambung Kahfi.

Kahfi mengatakan, untuk Asrama Haji Makassar berdasarkan pantauannya sampai sejauh ini masih berjalan sesuai dengan kesepakatan terkait dengan SOP pelayanan haji yang sudah disepakati dan menjadi panduan penyelenggaraan di segala lini.

“Kalau Embarkasi Makassar ini terbaiklah, dari segi fasilitas ruangan, gedung, tempat tidur, semua bersih. Embarkasi ini juga sangat dekat dengan bandara jadi jemaah bisa tidak terlalu lelah,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Muhammad Tonang menyampaikan saat ini pihaknya memberikan pelayanan kepada para lansia dengan menghadirkan ambulans untuk mengantar para jemaah lansia yang butuh pendampingan dan penanganan. “Ini sesuai dengan tema tahun yakni haji ramah lansia,” kata Tonang.

Tonang mengatakan, menyediakan tiga ambulans khusus para jemaah yang masuk dalam kategori perlu penanganan terutama untuk para lansia dan 30 buah kursi roda. Dia mengatakan, Embarkasi Makassar telah memberangkatkan jemaah calon haji sebanyak 2.249 orang. (abu hamzah)

  • Bagikan