PLN Pulihkan Kelistrikan di Wilayah Terdampak Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Sidrap

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – PT PLN (Persero) berhasil memulihkan kelistrikan di wilayah Kabupaten Sidrap yang terdampak banjir dan tanah longsor pada 3 Mei 2024.
Bencana ini mempengaruhi 30.236 pelanggan yang tersebar di tujuh dusun, yaitu Dusun Kampale, Dusun Leppangeng, Dusun Pasangridi, Dusun Tanatoro, Dusun Langgara, Dusun Matajang, dan Dusun Teppo.

Hal itu disampaikan Manager PLN UP3 Parepare, Muhammad Taufik, yang dihubungi Jumat, 17 Mei. Dia mengatakan, saat pemulihan listrik mengalami berbagai kendala signifikan.

Sebab kata dia, banjir telah menghanyutkan beberapa jembatan penghubung antar dusun, memutus akses dan membuat petugas PLN sulit menjangkau daerah yang terdampak.

“Selain itu, banyak tiang listrik yang roboh akibat banjir dan tanah longsor. Untuk mencapai daerah yang paling terdampak, petugas PLN harus menyeberangi sungai dengan rakit,” katanya.

Lebih lanjut, meskipun menghadapi tantangan ini, petugas PLN bekerja siang dan malam agar pelanggan dapat menikmati listrik kembali. Dalam proses pemulihan, PLN berkolaborasi dengan warga setempat, pemerintah daerah, serta TNI dan Polri.

“Kolaborasi ini sangat krusial mengingat tantangan terbesar adalah akses yang sulit akibat kondisi jalan yang terputus dan beberapa jembatan vital yang hanyut terkena banjir. Hal ini menghambat mobilisasi material yang diperlukan untuk proses recovery,” jelasnya.

Dia menambahkan, selain upaya pemulihan kelistrikan, PLN melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN turut berbagi paket sembako untuk meringankan beban korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Sidrap. Paket sembako ini langsung diterima oleh Pj Bupati Sidrap didampingi Kapolres Sidrap.

“Kami sangat bersyukur atas kerja sama yang baik antara seluruh pihak yang terlibat. Tantangan yang ada tidak membuat kami patah semangat. Tim kami bekerja tanpa kenal lelah demi memastikan listrik kembali menyala dan kehidupan warga bisa berjalan normal kembali,” ujarnya.

Kepala dusun setempat mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN atas upaya dan dedikasi mereka. Ucapan terima kasih ini juga disampaikan melalui video testimoni yang memperlihatkan kebahagiaan warga saat listrik kembali menyala.

Keberhasilan PLN dalam memulihkan kelistrikan di wilayah terdampak banjir dan tanah longsor di Kabupaten Sidrap tidak terlepas dari tim PLN yang solid dan kolaborasi luar biasa antara petugas PLN dengan warga setempat, pemerintah daerah, serta TNI dan Polri. Hal ini membuat warga bisa tersenyum kembali menikmati listrik, terutama di waktu malam hari.(rud)

  • Bagikan