Hadiri Wisuda Ratusan Santri TPA, Pj Wali Kota Parepare Harap Jadi Insan Qur’ani yang Saleh

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali yang diwakili oleh Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan, HM Makmur menghadiri Wisuda Santri TPA se-Kota Parepare.

Kegiatan itu dilaksanakan oleh LPPTKA-BKPRMI Kota Parepare di Auditorium IAIN, Sabtu, 25 Mei 2024. Wakil Ketua DPRD Kota Parepare Tasming Hamid hadir pada kegiatan itu.

Hadir pula Ketua BKPRMI Sulsel, Ketua BKPRMI Kota Parepare, Kabag Kesra Kota Parepare, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Parepare, para wisudawan dan orang tua. Diketahui, tercatat 754 santri TK/TPA se-Kota Parepare yang diwisuda.

Dalam sambutannya, HM Makmur membacakan sambutan Pj Wali Kota Parepare, mengucapkan selamat kepada peserta wisuda serta memberikan ucapan terima kasih kepada para guru yang telah mengajarkan baca tulis Al-Quran.

Pendidikan santri TK/TPA Al Qur’an, kata Makmur adalah salah satu pendidikan yang tepat yang membawa misi penting bagi santrinya untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai Qur’ani sejak dini.

“Oleh karena itu, Wisuda santri TPA, adalah merupakan langkah strategis, agar anak-anak kita dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus insan-insan Qur’ani yang sholeh dan sholeha, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, mandiri dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi,” ucap Makmur.

Makmur mengungkapkan prosesi wisuda yang dilaksanakan LPPTKA-BKPRMI merupakan bagian dari upaya menanamkan kebiasaan sekaligus meningkatkan kualitas kemampuan baca tulis Al Qur’an bagi anak-anak guna memberantas buta aksara baca Al Qur’an, disamping menumbuhkan generasi gemar membaca Al Quran, dan generasi berkarakter Islami.

Kegiatan tersebut menurutnya sejalan dengan salah satu program pemerintah daerah untuk membangunan masyarakat Kota Parepare dari sisi mental spritual, oleh karena pembangunan bukan hanya semata-mata infrastruktur saja tetapi penting pula pembangunan mental spritual atau pembangunan keummatan.

“Saya menyambut baik diadakannya wisuda Santri TPA ini. Hal ini menunjukkan keberhasilan pengelolaan pendidikan dan para guru pengajar dalam melaksanakan salah satu tugas untuk membekali anak didik dengan berbagai pengetahuan agama dan kemampuan baca tulis Al Qur’an,” ungkapnya.

“Kepada para peserta wisuda agar terus belajar, mendalami serta mengamalkan dan mengajarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran. Dengan harapan para Peserta Wisuda akan menjadi anak-anak yang Saleh dan Salehah serta berkarakter Islami,” tandasnya. (rud)

  • Bagikan