Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 01 Juni, Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sulsel Ajak Seluruh Pegawai Amalkan Nilai Pancasila

  • Bagikan
Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sulsel Yudi Susen

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Seluruh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila 01 Juni, bertempat di Lapangan Kanwil pada Sabtu (1/6).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kaidvpas) Yudi Suseno mengajak seluruh jajaran untuk mengamalkan Nilai Pancasila di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Dari aspek statis, Pancasila mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah sehingga Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sementara dari aspek dinamis, Pancasila menghantar Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi dan teknologi saat ini,” kata Yudi dalam amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

Lebih lanjut Yudi sampaikan bahwa Pancasila harus dijiwai dan dipedomani agar menjadi ideologi yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. “Kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” sambung Yudi.

Dalam kesempatan ini, Yudi ungkapkan bahwa kemajuan teknologi saat ini telah menjadi tantangan tersendiri bagi kehidupan bangsa Indonesia. Untuk itu dengan adanya penerapan nilai Pancasila, diharapkan dapat memanfaatkan teknologi untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarkat, berbangsa, dan bernegara.

“Saya mengajak kepada seluruh komponen bnagsa untuk utamakan Pancasila melalui cara-cara kekinian di dalam menyongsong bonus demografi yang akan diisi oleh kaum milenial dan Gen Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” ajak Yudi.

Mengakhiri pidatonya, Yudi mengajak seluruh jajaran untuk merawat anugerah Pancasila melalui Peringatan Hari Pancasila 01 Juni dengan cara bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan kkeutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” harap Yudi.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak berharap seluruh pegawai dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Target utama yang diharapkan dari nilai-nilai Pancasila yang dilakukan oleh pegawai Kanwil Sulsel yakni adanya keyakinan beragama dari setiap pegawai, setiap perilaku kita mencerminkan kemanusiaan, memupuk nilai-nilai persatuan dan mempertahankan persatuan Indonesia, bahu-membahu dan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan berbagai persoalan, dan mengajak pegawai untuk bersikap adil dalam kehidupan sehari-hari dengan tetap menghormati hak-hak orang lain,” harap Liberti.

Upacara ini dihadiri oleh Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim) Jaya Saputra, Para Pejabat Administrator dan Pengawas, dan Seluruh Pegawai Kanwil. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version