Hadiri Monev RKT-RB, Kanwil Kemenkumham Sulsel Siap Wujudkan Reformasi Birokrasi Berdampak

  • Bagikan
Hadiri Monev RKT-RB, Kanwil Kemenkumham Sulsel Siap Wujudkan Reformasi Birokrasi Berdampak

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Indah Rahayuningsih mengikuti secara virtual pembukaan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan Reformasi Birokrasi Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi (RKT-RB) Triwulan II Tahun 2024 terpusat di PO Hotel Semarang, Senin (3/6).

Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Menkumham Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Asep Kurnia. Ia mengatakan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan tercapainya tujuan, efisiensi, dan optimalisasi dalam perencanaan RKT RB.

“Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis adalah salah satu faktor yang yang menjadi penentu meningkatnya nilai Reformasi Birokrasi pada Kemenkumham,” ungkap Asep.

Lebih lanjut, dalam arahannya Staf Ahli Menkumham itu menyampaikan bahwa sesuai arahan Presiden RI bahwa Reformasi Birokrasi (RB) itu Lincah dan cepat, bukan merupakan tumpukan kertas serta harus berdampak kepada masyarakat.

“Reformasi berdampak selaras dengan resolusi Kementerian Hukum dan HAM yakni Kemenkumham PASTI berakhlak, mewujudkan reformasi birokrasi berdampak. Perlu Adanya Sinergi antar Setiap Satuan Kerja untuk kepentingan organisasi,” ujar Asep dalam sambutannya.

Kepala Divisi Administrasi, Indah Rahayungsih menghimbau dan mengajak seluruh jajarannya untuk terus memonitoring data dukung pada aplikasi E-RB.

“Saya yakin seluruh Unit Pelaksana Teknis telah memenuhi data dukung dan mengunggahnya pada aplikasi E-RB dengan baik, namun memang terkendala pada bagian Data Dukung yang terkadang kurang lengkap dan kurang tepat serta kurang detail,” Ujar Indah.

“Untuk tahun 2023 dan B03 Tahun 2024 sudah terpenuhi seratus persen. kita targetkan pemenuhan data dukung B06 bisa terpenuhi seratus persen”, Lanjut Indah.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak mengapresiasi hingga capaian tahun 2023 dan B03 Tahun 2024 mencapai 100 persen.

“Tetap pertahankan dan pemenuhan Data Dukung harus terus dipantau dari Kanwil Sulsel. Terus lakukan pendampingan dan Monitoring serta Evaluasi pada setiap Satuan kerja di Sulsel,” Kata Liberti.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 5 hari kerja, dan diikuti oleh perwakilan operator E-RB dari 33 Kantor Wilayah se-Indonesia dan Unit Eselon I Kementerian Hukum dan HAM RI.

Turut hadir secara Virtual Kepala Bagian Program dan Humas Khomaini, Kepala Sub Bagian Humas, RB dan TI Meydi Zulqadri, dan Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan Fajrin T. Sementara yang hadir langsung dua operator E-RB dari Kanwil Sulsel yakni Andi Nilda Affida Hasly dan Andi Adelia Lubis. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version