Jokowi Perintahkan Hadirkan Tanaman Endemis di Persemaian Mentawir IKN

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo

IKN, BACAPESAN.COM – Hingga kemarin (4/6), sudah enam kali dilakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama oleh Presiden Joko Widodo di IKN. Bentuk beberapa infrastruktur mulai terlihat.

Kemarin Jokowi bersama rombongan melakukan beberapa peresmian dan groundbreaking. Di titik pertama, diresmikan Persemaian Mentawir. Itu merupakan pusat bibit untuk tanaman di IKN.

”Dalam membangun IKN, sebelum dimulai, saat itu saya perintahkan kepada menteri LHK untuk dibangun pertama itu adalah persemaian,” kata Jokowi. Hal tersebut dilakukan untuk menghijaukan kembali IKN.

Beberapa bibit yang pohonnya sudah tidak ada mampu dihadirkan di Persemaian Mentawir. Begitu juga tanaman yang endemis Kalimantan. Pohon itu akan ditanam di beberapa titik sehingga bisa memberikan makan satwa liar. ”Di sini juga dimulai pembangunan pusat plasma nutfah yang di dalamnya ada biobank dan seat bank,” ucapnya.

Di titik kedua, presiden meresmikan Bendungan Sepaku. Pengerjaan bendungan itu dimulai pada 2020 dengan investasi Rp 836 miliar. Bendungan tersebut dapat menampung 16 juta meter kubik air. ”Ini akan menjadi sumber air baku bagi IKN dan sebagian untuk Kota Balikpapan,” tutur kepala negara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang mendampingi Jokowi menyebutkan, dari bendungan itu, kapasitas sebesar 2.000 liter per detik untuk IKN. Sementara, untuk Balikpapan sebesar 500 liter per detik.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga melakukan groundbreaking Astra Biz Center, Nusantara Botanical Garden, Sekolah Islam Al Azhar, dan Universitas Gunadarma. Menurut dia, investasi di IKN adalah wujud membeli masa depan. Dia memberikan iming-iming, ketika jalan tol dan sarana pendukung lain sudah jadi, IKN lebih berkembang.

  • Bagikan