Jokowi Perintahkan Hadirkan Tanaman Endemis di Persemaian Mentawir IKN

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo

Di sektor perhubungan, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya mendukung penuh penyediaan kendaraan listrik di kawasan IKN. ”Kemenhub memprioritaskan penyediaan alat transportasi rendah emisi. Ini penting untuk menjaga kualitas udara di wilayah IKN,” ujarnya.

Kemenhub menyiapkan beberapa strategi. Contohnya, layanan angkutan antarmoda di wilayah penyangga IKN. Jaringan layanan angkutan antarmoda dari kota penyangga IKN menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN yang sudah dan akan beroperasi, antara lain, angkutan antarmoda Balikpapan–IKN dan angkutan antarmoda Samarinda–Park and Ride 2 IKN.

Layanan angkutan antarmoda Balikpapan–IKN via Simpang Samboja beroperasi sejak 1 November 2022. Setelah beroperasinya jalan tol IKN, layanan angkutan antarmoda Balikpapan–IKN akan berganti menjadi via tol.

”Setelah beroperasinya jalan tol, titik akhir layanan untuk bus nonlistrik adalah Park and Ride 2 IKN sebagai titik transit, kemudian para penumpang akan beralih moda dengan angkutan perkotaan IKN yang menggunakan electric vehicle,” ungkapnya. (jawapos)

  • Bagikan