Jokowi Sebut Kualitas Udara IKN Lebih Baik dari Melbourne dan Paris

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

KALTIM, BACAPESAN.COM –– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan keyakinannya bahwa indeks kualitas udara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, hampir dua kali lipat lebih baik daripada udara di Kota Melbourne dan Kota Paris.

“Tadi pagi, saya membandingkan indeks kualitas udara di Jakarta, Singapura, Melbourne, Paris, dan di Nusantara,” kata Presiden Jokowi saat berpidato dalam agenda groundbreaking pembangunan gedung Bank BTN IKN, Rabu, diikuti dalam jaringan Sekretariat Presiden di Jakarta, dikutip dari ANTARA.

Menurutnya, indeks kualitas udara di Melbourne dan Paris berada pada angka 38, yang menunjukkan kualitas udara yang baik pada rentang 0-50. Sedangkan Singapura memiliki angka 44.

“Di Ibu Kota Nusantara, belum diukur. Tetapi saya meyakini, pasti di sekitar 20-an,” tambahnya.

Jokowi juga membandingkan kualitas udara di Jakarta, yang pada waktu yang sama mencapai angka 176, jauh di atas standar yang baik.

Dalam konteks IKN sebagai konsep kota masa depan, Presiden menekankan pentingnya pemenuhan kualitas udara yang baik, dengan salah satu langkahnya adalah menggunakan kendaraan bertenaga listrik.

Dia percaya bahwa indeks kualitas udara di IKN dapat ditekan hingga nol jika kendaraan konvensional yang menjadi penyumbang polusi di wilayah tersebut tidak diperbolehkan beroperasi.

“Apalagi nanti, yang diperbolehkan hanya electric vehicle, akan nol, karena penggunaan energi di sini yang diperbolehkan energi hijau. Inilah konsep Ibu Kota Nusantara ke depan,” jelasnya. (fajar online)

  • Bagikan