UPT Pusat Karir Unifa & Jobstreet by Seek Kolaborasi Agar Lulusan Unifa Cepat Dapat Kerja

  • Bagikan
Jobstreet by Seek, bekerja sama dengan Universitas Fajar (Unifa), menggelar seekTalks bertema "Navigating the Job Market: Strategies for Success" yang diadakan di Smart Classroom Universitas Fajar pada Rabu, 5 Juni 2024.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Jobstreet by Seek, bekerja sama dengan Universitas Fajar (Unifa), menggelar seekTalks bertema “Navigating the Job Market: Strategies for Success” yang diadakan di Smart Classroom Universitas Fajar pada Rabu, 5 Juni 2024. Acara ini dihadiri oleh Head of Partnership & Services Jobstreet by Seek Eka Kurniawan, Deputi Rektor I Universitas Fajar Ismail Marzuki, Kepala UPT Pusat Karir Unifa Zaryanti Zainuddin, S.T., M.T. serta mahasiswa Unifa dari jurusan komunikasi, teknik, akuntansi dan manajemen.

Dalam sesi seekTalks, Eka Kurniawan mengajak mahasiswa untuk membangun profesionalisme sedari kuliah dengan aktif dalam organisasi dan mengikuti program magang. “Recruiter atau perusahaan akan melihat pengalaman organisasi dan magang sebagai prioritas utama bagi fresh graduate,” ujarnya. Ia juga menekankan pentingnya membuat akun profil yang menarik di Jobstreet agar mudah ditemukan oleh perusahaan mitra dari seluruh Indonesia bahkan Asia, Australia, dan Selandia Baru.

“Jobstreet merupakan platform rekrutmen teknologi terbesar di Asia, dan kami berkomitmen untuk mengembangkan seluruh daerah di Indonesia, baik dari sisi calon lulusan atau pencari kerja maupun dari sisi perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja. Posisi kami ada di tengah untuk mempertemukan kedua belah pihak,” lanjut Eka Kurniawan.

Ia menjelaskan bahwa Jobstreet memiliki kantor di berbagai negara dengan tujuan mempertemukan pencari kerja dan perusahaan yang mencari tenaga kerja. “Kami dapat membantu lulusan Unifa mendapatkan lowongan magang atau pekerjaan melalui jobstreet.co.id atau melalui aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Dengan demikian, lulusan Unifa akan lebih mudah terserap oleh perusahaan yang memasang iklan di Jobstreet.”

Acara ini merupakan bagian dari kegiatan rutin yang dilakukan Jobstreet di seluruh provinsi dan kota di Indonesia. Mereka sudah berkeliling ke berbagai universitas negeri dan swasta dan menjalin kerja sama melalui MoU. “Kami berharap Unifa bisa mengarahkan mahasiswanya untuk mencari kerja di Jobstreet karena kami juga memiliki forum dengan perusahaan. Besok, di Graha Pena, kami akan bertemu dengan 100-200 perusahaan di seluruh Makassar untuk memperkenalkan platform kami. Tujuan kami adalah menciptakan ekosistem yang positif di Makassar,” tutup Eka Kurniawan.

Deputi Rektor I, Ismail Marzuki, mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah konkret untuk mendukung mahasiswa Unifa dalam memasuki dunia kerja. “Kami sangat mendukung inisiatif seperti ini yang memberikan manfaat langsung kepada mahasiswa kami. Dengan adanya Jobstreet, kami yakin mahasiswa Unifa akan lebih siap dan lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.”

Zaryanti Zainuddin, ST. MT, Kepala UPT Pusat Karir Unifa, juga menambahkan bahwa acara ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Unifa dalam membekali mahasiswanya dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan di dunia kerja. “Kami berharap kerjasama dengan Jobstreet by Seek dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan lulusan Unifa.”

Acara ini berhasil menarik perhatian banyak mahasiswa yang antusias untuk mendapatkan tips dan strategi dalam mencari pekerjaan di era digital. Dengan adanya dukungan dari Jobstreet, mahasiswa Unifa diharapkan dapat lebih siap dan kompetitif dalam menghadapi persaingan di pasar kerja. (*)

  • Bagikan