TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) gandeng Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melalui Direktorat Pemasaran Pariwisata Nusantara Deputi Bidang Pemasaran. Mereka menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) mengenai strategi pemasaran pariwisata nusantara melalui media sosial yang dilaksanakan di Grand Hotel Metro Toraja, Kabupaten Tana Toraja (Tator), Jumat, 7 Mei 2024
Kegiatan ini dibuka langsung anggota DPR RI dari fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba atau yang akrab disapa ESR.
ESR dalam sambutannya saat membuka bimtek mengatakan bahwa ada banyak faktor yang mendukung pariwisata terutama dalam pengembangan dan salah satu yang berperan penting dalam pemasaran adalah media sosial, dimana kita bisa mempromosikan pariwisata dengan biaya murah dan gampang atau sederhana tetapi dampaknya luar biasa.
“Kita semua memiliki peranan penting dalam pengembangan pariwisata di daerah kita masing-masing, yang tentu memiliki dampak yang luar biasa, yakni lewat media sosial yang memiliki peranan penting yang murah dan gampang untuk menjadi sarana pemasaran ” jelas ESR.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa tahun 80-90an Toraja merupakan pariwisata kedua setelah Bali, namun beberapa tahun terakhir ini mengalami penurunan, untuk itu kita semua memiliki peranan penting dalam pengembangan dan promosi ditengah era digital sekarang ini. Dengan mengetahui kiat-kiat dalam mempromosikan.
Dirinya berharap ilmu yang didapatkan peserta setelah kembali dapat diterapkan terutama bagi pelaku-pelaku wisata dalam promosikan produk wisata yang ada.
“Mari kita bergandengan tangan untuk kembali membangkitkan pariwisata Toraja dengan sinergitas pemerintah, pelaku wisata dan masyarakat dukung pariwisata Toraja ” pungkas ESR yang merupakan salah satu putri terbaik asal Toraja yang duduk di Senayan sejak 2019 dan kembali terpilih dalam Pileg 2024.