PADANG, BACAPESAN.COM – Direktur Utama (Dirut) BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menyebutkan media massa berperan penting dalam mensosialisasikan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada masyarakat.
“BPJS Kesehatan tidak bisa jalan sendiri untuk mensosialisasikan semua program JKN yang terus dibenahi menjadi lebih baik. Dibutuhkan peran media agar masyarakat yang menjadi peserta bisa lebih memahami program itu,” katanya di Padang, Sumatera Barat, Rabu.
Menurut dia, BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk bisa meningkatkan pelayanan kepada peserta. Sekarang fitur yang dihadirkan untuk pelayanan bagi peserta sudah semakin canggih. Namun, belum semua peserta JKN yang mengetahui dan memahami.
“Hingga Maret 2024, sebanyak 268,7 juta warga Indonesia telah menjadi peserta BPJS Kesehatan atau sekitar 96,28 persen dari penduduk di 33 provinsi dan 423 kota/kabupaten,” ujarnya.
Untuk menjangkau semua peserta yang sangat banyak itu, kata dia, sosialisasi menjadi penting, salah satunya melalui peran media massa yang tetap menjadi rujukan informasi utama bagi masyarakat.
Tidak hanya melalui media massa, sosialisasi program layanan JKN juga digencarkan dengan berbagai media salah satunya lewat beberapa lagu yang diciptakan Dirut BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti.
Sementara itu, Deputi Direksi Bidang Komunikasi Organisasi BPJS Kesehatan Irfan Humaidi mengatakan pihaknya terus memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.