OPM Tembak dan Bakar Sopir Asal Makassar

  • Bagikan
Organisasi Papua Merdeka (OPM).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali menyerang masyarakat sipil di Papua. Pada Senin (10/6) lalu, mereka menembak dan membakar seorang warga bernama Daeng Rusli di Kampung Kopo, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Infanteri Candra Kurniawan mengungkapkan, aksi keji tersebut terjadi sekitar pukul 14.15 WIT. Saat itu, Rusli sedang menjalankan tugasnya sebagai sopir. OPM menembak warga asal Makassar tersebut. Setelah itu, mereka membakar Rusli berikut dengan kendaraan yang dia kemudikan.

Menurut Candra, aksi keji itu sudah masuk kategori pelanggaran HAM. ”Menembak dan membakar sopir di Paniai menunjukkan OPM memang tidak punya hati, biadab, dan keji,” kata dia.

Hal serupa disampaikan Perwira Penerangan Komando Operasi (Koops) TNI Habema Letkol Arh Yogi Nugroho. Menurut dia, ada sekitar sepuluh anggota OPM yang terlibat dalam aksi tersebut. ”Aksi biadab OPM tidak berhenti di penembakan saja, tapi dilanjutkan dengan pembakaran kendaraan di mana (jenazah) almarhum Rusli berada di dalamnya,” beber dia.

Menurut Yogi, peristiwa itu terjadi tidak jauh dari Sekolah YPPGI Kepas Kopo. Pasca penembakan dan pembakaran tersebut, aparat keamanan gabungan dari TNI dan Polri langsung bergerak untuk mengevakuasi jenazah korban. ”Dengan gerakan taktis militer yang terencana dan terkoordinasi, aparat keamanan gabungan berhasil mengevakuasi jenazah almarhum Rusli ke RSUD Madi,” kata Yogi. (jawapos)

  • Bagikan