Melalui Satpol PP, Pemkot Parepare Tingkatkan Ketertiban dan Keamanan Bagi Masyarakat

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga ketertiban dan keamanan bagi masyarakat dengan meluncurkan inovasi terbaru bertajuk Praja Wanita Humanis.

Inovasi itu dengan melibatkan personel perempuan Satpol PP yang melakukan patroli menggunakan sepeda. Itu dilakukan, sebagai bagian dari upaya penegakan peraturan daerah (perda) serta pencegahan dan antisipasi gangguan ketertiban umum.

Kepala Bidang (Kabid) penegakan peraturan perundang-undangan daerah Satpol PP kota Parepare, Sukardi mengatakan, dengan program ini dapat mengedepankan sisi humanis dalam setiap interaksi.

Sebab kata dia, dengan berpatroli menggunakan sepeda, para personel perempuan Satpol PP akan lebih mudah mendekati warga, mendengar keluhan mereka, serta memastikan penegakan peraturan daerah berjalan dengan baik.

“Personel Praja Wanita Humanis telah dibekali dengan pelatihan khusus mengenai pendekatan yang humanis dan ramah dalam menghadapi masyarakat,” katanya.

Menurutnya, sepeda dipilih sebagai alat transportasi untuk berpatroli karena fleksibilitas dan ramah lingkungan. “Selain itu, ini juga merupakan upaya untuk mendukung program pengurangan emisi dan mempromosikan gaya hidup sehat,” katanya.

Dia menjelaskan, patroli Praja Wanita Humanis ini akan berfokus di beberapa titik di Kota Parepare, termasuk kawasan pasar, pusat perbelanjaan, dan taman-taman kota.

“Selain melakukan penegakan perda, mereka juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga ketertiban umum dan kebersihan lingkungan,” tandasnya.(*)

  • Bagikan