Bawaslu Ajak Perempuan Aktif Awasi Pilkada Serentak

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Parepare, menggelar kegiatan Bawaslu Menyapa Pemilih Perempuan. Kegiatan bertema
“Perempuan Pemilih Cerdas Mengawasi” tersebut, digelar di Hotel Bukit Kenari, Senin, 24 Juni 2024.

Ketua Bawaslu Parepare, Muh Zainal Asnun mengatakan kegiatan ini melibatkan kaum perempuan yang berasal dari berbagai organisasi perempuan.

Menurutnya, dengan kegiatan tersebut dapat mendorong peningkatan kemampuan perempuan agar turut aktif dalam dalam mengawasi pelaksanaan pilkada serentak pada bulan November mendatang.

“Kita mendorong perempuan agar menjadi pemilih cerdas, dan turut mengawasi, sehingga pelaksanaan pilkada, berjalan jujur, adil, yang sesuai aturan dan perundang-undangan,” katanya.

Dia juga mengingatkan bahaya praktek politik uang, yang dianggap sebagai perusak demokrasi. Perempuan sebagai pemilih, diharapkan turut membantu secara proaktif mengkampanyekan pilkada tanpa dan menolak politik uang.

Sekadar diketahui, kegiatan menghadirkan penggiat Pemilu sekaligus mantan anggota Bawaslu RI, Wahidah Suaib sebagai pemateri, juga menyerukan ajakan bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu.

Sementara Komisioner Bawaslu Parepare Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat, Susilawati mengemukakan, indikator pemilu tak sebatas pada tingginya partisipasi pemilih, tapi yang menjadi ukuran adalah tingginya partisipasi pemilih cerdas dalam menentukan pilihan, dan turut mencegah hal-hal yang melanggar aturan dalam pelaksanaan pemilu.

Melalui kegiatan tersebut, tambah Susilawati, diharapkan pemilih perempuan yang mengikuti kegiatan tersebut, bisa turut menyebarkan informasi daari materi yang didapatkan, agar kaum perempuan khususnya di Parepare, agar bersama turut mengawasi tahapan pilkada.

Susilawati menambahkan, saat ini KPU tengah melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), untuk melakukan pemutakhiran data pemilih dengan cara mendatangi pemilih secara langsung.

“Tahapan ini juga kami awasi, agar semua masyarakat yang telah memenuhi syarat sebagai wajib pilih, pada pelaksanaan hari pemilihan mendatang, bisa menyalurkan hak suaranya. Dan untuk mensukseskan pilkada mendatang, kami berharap artisipasi perempuan untuk turut mengawal, agar hak-hak pemilih dapat betul-betul terpenuhi,” tandasnya. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version