Baru Di Launching, Intip Berbagai Perubahan NMAX TURBO

  • Bagikan
Pengecekan Unit NMAX TURBO

“Untuk menjawab hal itu dan sebagai bentuk edukasi Yamaha terhadap kehadiran teknologi canggih yang baru pertama kali hadir di segmen skutik premium tanah air, kami pun membuat kegiatan workshop bagi media yang membahas tuntas berbagai update pada NMAX TURBO  termasuk benefit-nya dalam menghadirkan pengalaman berkendara di level tertinggi bagi konsumen,” terang Antonius

Adapun berbagai pembaharuan yang dilakukan antara lain Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT) menjadi pembeda yang paling menonjol pada mesin NMAX TURBO adalah penggunaan teknologi YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional, dimana cara kerjanya memanfaatkan roller dengan gerak sentrifugal. Yang meliputi; Transmission Control Unit (TCU), ECVT Motor  menggerakkan Pulley Primary serta Sensor Motor Position (Primary) dan Speed Sensor (Secondary).

Sementara untuk kompenen penggerak YECVT sendiri, terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan juga Gear Reduction Driven yang seluruh komponen tersebut mendapatkan garansi 3 tahun. Diameter Pully juga di desain lebih besar 10mm, V-belt lebih lebar 0,8mm, dan Spring Secondary yang lebih Panjang 48.7mm serta lebih keras 163N pada area CVT NMAX TURBO sehingga membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif.

“Dengan penambahan teknologi YECVT pada mesin NMAX TURBO membuat skutik ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung kualitas berkendara di level tertinggi, yaitu Riding Mode dengan 2 pilihan berkendara yang meliputi S-Mode (untuk perjalanan jarak jauh atau touring) dan T-Mode (untuk mobilitas perkotaan) serta Y-Shift yang membantu pengendara meningkatkan akselerasi ataupun deselerasi secara instan dalam 3 tingkatan yakni Low, Medium dan High,” Jelas Antonio

Selain adanya YECVT, mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru pada NMAX TURBO kini memiliki dinding Cylinder yang dibuat sehalus mungkin (Mirror Bore Cylinder) untuk meminimalisir gesekan dan mengurangi oil loss . Ada pula  Crankshaft & Rotor Assy Perubahan lain pada mesin NMAX TURBO juga terdapat pada dimensi Crankshaft secara total yang kini menjadi lebih panjang, yaitu 301,4mm berbanding 283,8mm dengan NMAX generasi sebelumnya.  

Selanjutnya ada Camshaft yang juga turut mendapat sentuhan pembaruan. Jika pada generasi NMAX sebelumnya pin dowel yang berfungsi sebagai dudukan sprocket cam chain dibuat terpisah, kini menjadi satu kesatuan (build in) dengan Camshaft. Efeknya menjadi lebih rigid sehingga lebih minim gesekan.

Selanjutnya salah satu perubahan pada mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang dipakai oleh NMAX TURBO ada pada bagian tensioner dan jalur oli baru. (Hikma)

  • Bagikan