Susu Masih Impor, Mentan Ajak Peternak Dukung Pemenuhan Pangan Bergizi

  • Bagikan
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengajak para peternak kambing perah dan susu untuk memacu produksi guna mendukung pemenuhan pangan bergizi di Indonesia. Sektor peternakan menjadi salah satu aspek utama dalam mewujudkan program tersebut.

“Susu nanti untuk pangan bergizi. Dari komponen makanan bergizi itu 80 persen kita produksi. Bahkan 100 persen kita (bisa) produksi. Negara ini kaya banget. Yang penting kita serius,” kata Andi kepada wartawan, Kamis (4/7).

Amran optimistis Indonesia mampu memproduksi susu yang cukup, walaupun membutuhkan proses berjalan yang tidak lama, yaitu sekitar lima sampai sepuluh tahun. “Jujur aku kadang gemas. Masa susu aja kita impor sekian banyak. Tapi doakan ke depan yang penting kita komitmen bersama-sama kita bereskan,” ucapnya.

Adapun fokus utama yang sedang diupayakan Pemerintah adalah Indonesia bisa swasembada beras. Sebab, beras merupakan komoditas pangan utama yang dibutuhkan oleh masyarakat. “Pangan adalah strategis. Tidak ada pangan tidak ada negara. Kalau pangan bermasalah negara bermasalah sehingga padi mutlak dulu kita rebut swasembada,” katanya.

Selain itu, dia pun mengungkapkan keyakinannya bahwa baik pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) maupun presiden terpilih Prabowo Subianto memiliki komitmen yang sama-sama luar biasa dalam membangun bangsa termasuk mewujudkan program swasembada pangan.

“Kami yakin presiden sekarang Jokowi dan presiden terpilih komitmen untuk merah putih, untuk republik ini ini luar biasa,” pungkas Amran. (jawapos)

  • Bagikan