Mulai Beroperasi, Pemkot Segera Resmikan Aktivitas Bongkar Muat Kapal Kargo di Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Aktivitas bongkar muat kapal kargo milik PT Meratus sudah mulai beroperasi di Kota Parepare. Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare akan segera melakukan peresmian secara seremonial.

Persemian itu, rencananya akan mengundang kepala daerah se-Ajatappareng dan kepala daerah di wilayah Sulawesi Barat (Sulbar).

Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali mengatakan, peresmian ini bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada seluruh kepala daerah dan distributor, bahwa di Kota Parepare sudah ada aktivitas bongkar muat oleh PT Meratus.

Sehingga diharapkan, para distributor tidak lagi mengirim komoditi nya untuk dibongkar di Makassar. Cukup melalui pelabuhan di Parepare.

“Dengan adanya bongkar muat ini, distribusi barang ke Kalimantan dan Surabaya yang sebelumnya harus melewati Barru, Pangkep, Maros, dan daerah lainnya, kini dapat langsung dari Parepare. Hal ini tentu saja menghemat biaya para distributor jika dibandingkan ke Makassar,” katanya, Jumat, 5 Juli 2024.

Menurutnya, para distributor bisa menghemat sekitar Rp1.750.000 ribu lebih per peti kemas jika melakukan bongkar muat di Parepare.

“Kami sedang memikirkan bagaimana tindak lanjutnya. Sehingga kegiatan bongkar muat ini, memberikan dampak khusus bagi pemerintah Kota Parepare,” ujarnya.

Dia menambahkan, peresmian aktivitas bongkar muat ini masih menunggu waktu yang tepat, karena dirinya ingin berkomunikasi secara langsung dengan Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof Zudan Arif Fakrulloh.

“Saya sudah berdiskusi dengan Pj Gubernur Sulsel sebelumnya (Bahtiar Baharuddin) mengenai peresmian ini. Namun, karena adanya pergantian Gubernur, saya akan meminta jadwal dari beliau (Pj Gubernur Prof Zudan) yang momen bertepatan dengan adanya distribusi barang PT Meratus di Parepare,” tandasnya. (*)

  • Bagikan