Tingkatkan Kualitas Layanan, UT Hadirkan Kampus Baru

  • Bagikan
UT Makassar

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Universitas Terbuka (UT) Makassar akan segera meresmikan kampus baru mereka di simpang lima Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Gedung megah ini direncanakan akan diresmikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Efendy, pada Rabu, 10 Juli 2024.

Kehadiran kampus kedua UT Makassar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan perguruan tinggi negeri tersebut, yang selama ini berpusat di kampus Jalan Monginsidi Makassar.

Direktur UT Makassar, Prof Abdul Rahman Rahim, pada Sabtu, 6 Juli 2024, menjelaskan bahwa pembangunan kampus baru ini menghabiskan anggaran sekitar Rp100 miliar dengan luas mencapai 11 ribu meter persegi.

Gedung ini terdiri dari enam lantai, dengan dua lantai pertama sebagai basement dan ground untuk parkir kendaraan, serta empat lantai lainnya yang dibagi untuk ruang pelayanan, ruang direktur, ruang tutorial, dan sky lounge. “Gedung baru ini tentunya dilengkapi dengan fasilitas yang lebih baik dibandingkan sebelumnya,” ucapnya.

Lokasi strategis kampus baru UT Makassar ini, di simpang lima bandara yang menjadi pintu masuk utama Makassar dari jalur udara, laut, dan utara Sulsel, dipilih untuk memastikan layanan yang diberikan menjadi lebih baik.

Prof Rahman menegaskan bahwa kehadiran kampus baru ini juga bertujuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat terkait pendidikan tinggi serta untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan dari UT Makassar.

Prof Rahman menggarisbawahi banyaknya perbaikan kualitas UT dan juga paradigma keliru. Misalnya, anggapan UT hanya untuk orang tua. Padahal, dari total 550 ribu mahasiswa (nasional), sebanyak 60 persen adalah milenial.

“UT juga sudah termasuk 21 unit Universitas Negeri yang berbadan hukum. Ini yang diperebutkan PTN, selain itu juga sudah terakreditasi A dan internasional. Ini jaminan kualitas di tengah masih banyaknya orang kurang memahami UT,” jelasnya.

UT Makassar sendiri saat ini memiliki 11 kantor sentra layanan lingkup Sulsel. Ketua panitia pelaksana peresmian kampus baru UT Makassar, Efendi, menyampaikan undangan VVIP yang dipastikan hadir dan membuka acara yakni menko PMK dan rektor UT. Saat ini dari pihak EO, kata dia, sudah memantapkan persiapan, termasuk menyiapkan peralatan dan berkoordinasi dengan panitia. (FAJAR)

  • Bagikan