Butuh Normalisasi, Kepala BPBD Takalar Survei Sungai Sompu-Tala dan Perlindungan Lapas Takalar 

  • Bagikan
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Takalar, Nur Iksan Nurdin, melakukan survei langsung terhadap kondisi sungai di Lingkungan Sompu-Tala

TAKALAR, BACAPESAN.COM – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Takalar, Nur Iksan Nurdin, melakukan survei langsung terhadap kondisi sungai di Lingkungan Sompu-Tala, Kelurahan Sombalabella, serta Lingkungan Pappa, Kelurahan Pappa di belakang Lapas Takalar, Kecamatan Pattallassang.

Nur Iksan Nurdin mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi sungai yang mengalami pendangkalan dan penyempitan, mengakibatkan aliran air tidak lancar dan meningkatkan risiko banjir, terutama di area pemakaman, lahan pertanian dan gedung Sekolah di pinggir Sungai Tala Sompu.

“Saya sangat prihatin dengan kondisi sungai saat ini. Pendangkalan dan penyempitan harus segera diatasi melalui normalisasi sungai untuk melindungi warga, lahan pertanian dan para narapidana di sekitar Lapas Takalar,” ujarnya saat berada di lokasi, Selasa (09/07/2024).

Nur Iksan Nurdin menegaskan perlunya tindakan normalisasi yang mendesak, termasuk pengerukan endapan lumpur dan sampah serta pelebaran sungai untuk memperlancar aliran air. Langkah ini dianggap krusial untuk mengurangi risiko banjir saat musim hujan.

Selain itu, Nur Iksan Nurdin mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Partisipasi aktif masyarakat sangat penting dalam upaya kita untuk mengurangi risiko bencana,” tambahnya.

Daeng Nai, seorang warga Tala Sompu, menyampaikan apresiasi atas kunjungan Nur Iksan Nurdin dan menekankan pentingnya normalisasi sungai Tala Sompu untuk mencegah banjir di musim hujan.

“Kami berharap Pemerintah segera mengambil tindakan untuk normalisasi sungai ini. Setiap musim hujan, kami selalu mengalami banjir yang cukup parah, terutama di sekitar pemakaman dan Lapas Takalar,” harap Daeng Nai. (Tiro)

  • Bagikan

Exit mobile version