Awaluddin Membangun Desa Tompotanah Menuju Desa Maritim Unggul dan Mandiri

  • Bagikan
Awaluddin, A.Ma, Kepala Desa (Kades) Tompotanah,

TAKALAR, BACAPESAN.COM – Awaluddin, A.Ma, Kepala Desa (Kades) Tompotanah, mengeksplorasi motivasinya untuk memimpin desa ke arah kemajuan. Dalam sebuah wawancara eksklusif, ia mengungkapkan, “Saya tergerak untuk meningkatkan sumber daya alam dan manusia, menuju kemandirian yang memberdayakan masyarakat Desa Tompotanah dalam bidang maritim.”

Selama masa kepemimpinannya, Awaluddin berhasil melaksanakan berbagai program unggulan seperti pemberian bantuan mesin ketinting bagi nelayan dan perahu ambulance pelayanan kesehatan yg siaga dan cepat. Kerjasama strategis dengan Blue Forests dalam pengelolaan mangrove berbasis masyarakat juga mencatat prestasi signifikan.

Program-program ini tidak hanya meningkatkan akses ekonomi masyarakat, tetapi juga mendorong pembentukan kelompok ekonomi perempuan yang kuat. “Dukungan dari Dana Desa dan lembaga internasional seperti Blue Forests menjadi pilar utama dalam pendanaan program ini,” jelasnya.

Awaluddin menegaskan komitmennya terhadap transparansi dalam pengelolaan anggaran desa melalui baliho APBDes yang terbuka untuk pengawasan masyarakat. Namun, tantangan seperti akses terhadap wilayah terpencil dan kondisi cuaca ekstrim tetap menjadi fokus perhatiannya.

Menghadapi masa depan, Awaluddin berencana untuk terus mengembangkan Desa Tompotanah sebagai pusat ekonomi maritim yang berkelanjutan. “Kami akan meningkatkan dukungan untuk kelompok nelayan dan perempuan, serta memperkuat pengawasan laut yang melibatkan langsung masyarakat,” atau lembaga / organisasi yang ada di desa katanya.

Selain itu, Awaluddin juga mendorong inovasi dan penggunaan teknologi baru dalam pengelolaan desa, mencerminkan komitmen untuk meningkatkan efisiensi dalam layanan publik.

Dalam pesannya kepada masyarakat Desa Tompotanah, Awaluddin mengajak untuk terus menjaga kebersamaan dalam membangun desa sesuai dengan nilai-nilai lokal. “Mari kita bersama-sama memastikan keberlanjutan pembangunan melalui kearifan lokal kita,” ungkapnya.

Biodata:

  • Nama:Awaluddin, A.Ma
  • Tempat/Tanggal Lahir: Tompotanah, 25 Januari 1987
  • Pengalaman: Fasilitator Pengerak Masyarakat Dalam Program Ekologi Mangrove Rehabilitasi di Blue Forests Makassar (2011-2024)

(Tiro)

  • Bagikan