Budidaya Pisang Cavendish, Menggiurkan Tapi Tidak Dilirik Pemerintah Daerah

  • Bagikan
Siswanto Djalil (topi) saat menjelaskan perkembangan pembudidayaan pisang Cavendish miliknya, dihadapan pengawas dan penyuluh dari Dinas Perkebunan dan Holticulture Provinsi Sulsel.

“Untuk bibit sendiri saya dapat dari PT. CAP, ini tentu tidak lepas dari bantuan mantan Pj Gubernur Sulsel, bapak Bachtiar Baharuddin,” pungkasnya.

Lebih jauh dikatakan, meski budidaya pisang cavendish ini begitu menguntungkan, namun sayangnya kurang dilirik pemerintah, khususnya di kabupaten Pangkep.

Bahkan untuk penggunaan pupuk, diakuinya cukup mudah dan aman, karena hanya menggunakan pupuk kandang, yang dikombinasikan dengan pupuk cair, sesuai petunjuk penyuluh dan pengawas budidaya pisang dari Provinsi Sulawesi selatan.

“Yang saya sayangkan kenapa pemerintah kabupaten tidak mengajak masyarakat membudidayakan pisang cavendish ini, padahal ini sangat menguntungkan dalam hal peningkatan kesejahteraan,” terangnya.

“Pihak dinas perkebunan dan holticulture provinsi sulsel juga sudah berkunjung,melihat progres budidaya kami,” tutupnya.

Dia berharap pemerintah kabupaten Pangkep bisa memanfaatkan dan menggiatkan budidaya pisang cavendish ini, karena selain bernilai ekonomi, tentu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (atho)

  • Bagikan