LPMK Bumi Harapan dan Pemerintah Kelurahan Gelar Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN. COM – Lembaga Pemberdayaan Kelurahan (LPMK) berkolaborasi dengan pemerintah Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare menggelar pelatihan kesiapsiagaan bencana.

Kegiatan itu, menghadirkan Komandan Brimob Kota Parepare Kompol Ramli sebagai narasumber, yang berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Bumi Harapan, Senin, 15 Juli 2024. Hadir pula Lurah Bumi Harapan, Sumarni dan Ketua LPMK Bumi Harapan, Ahmad Gommo.

Ketua LPMK Bumi Harapan, Ahmad Gommo mengatakan, pelatihan ini merupakan bentuk kesiapsiagaan dalam menangani bencana.

“Kita di Kelurahan Bumi Harapan telah membantuk kelurahan siaga. Melibatkan, seluruh RT di lingkungan Kelurahan Bumi Harapan,” katanya.

Sementara, Lurah Bumi Harapan Sumarni menjelaskan kegiatan ini melibatkan rt/rw sebagai peserta yang berada di lingkungan Kelurahan Bumi Harapan.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, pihak kelurahan dan para peserta bisa lebih siap untuk menghadapi segala bencana yang akan terjadi,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, pelatihan ini merupakan usulan musrembang. Mengingat hampir tiap tahun di Kelurahan Bumi Harapan menghadapi bencana. “Apa yang dihasilkan ini, dapat ditindaklanjuti di bawah,” ungkapannya.

Komandan Brimob Kompol Ramli menambahkan, dari pelatihan ini ada beberapa hal yang disampaikan. Sebab kata dia, bencana itu ada dua hal. Pertama, bencana alam dan bencana yang disebabkan oleh manusia itu sendiri.

“Kita sampaikan, dalam menghadapi bencana, kita harus ada perencanaan. Kemudian, tahap pelaksanaan, tahapan pasca bencana dan bagaimana penanganan dari pada dampak dari pada akibat yang ditimbulkan dari bencana itu sendiri,” tandasnya. (*)

  • Bagikan