Seekor Buaya Penghuni Sungai Tampalang di Tangkap Warga

  • Bagikan
Seekor buaya berhasil ditangkap oleh warga di Desa Tampalang, Kecamatan Tapalang, Mamuju, Sulbar.

MAMUJU, BACAPESAN.COM –– Seekor buaya berhasil ditangkap oleh warga di Desa Tampalang, Kecamatan Tapalang, Mamuju, Sulbar. Kejadian ini berawal ketika warga sedang mancing ikan di aliran sungai yang menjadi habitat predator yang terkenal buas itu.

“Pada saat itu warga yang memancing ikan menyenter di muara sungai dan muncul seekor buaya muara,” ungkap Kapolsek Tapalang IPTU Mino, Selasa (16/7/24).

Setelah melihat buaya, salah satu warga yang sedang memancing tadi memanggil warga lain. Tidak beberapa lama sejumlah warga berdatangan ke tempat itu. Riskan dan Rusdi mencoba memancing buaya dengan umpan seekor ayam.

Usaha dari warga berbuah manis, mata kail mengenai kaki buaya. Hempasan dan gulingan menjadi ciri hewan reptil ini untuk meloloskan diri, namun lilitan tali pancing lebih kuat menjerat kaki buaya.

“Buaya bisa disekap menggunakan tali dan diamankan di daratan lalu dibawa disalah satu rumah warga Amin,” katanya.

Kepolisian dari Polsek Tapalang yang turut hadir saat buaya dinaikkan hingga diikat menyarankan untuk diamankan sementara dan selanjutnya dilakukan koordinasi ke pihak terkait untuk dibawa ke tempat penangkarang di wilayah Mamuju Tengah.

Keberhasilan ini membuat warga lega. Beberapa bulan lalu tepatnya Jumat (24/5/24) seorang warga di tempat ini menjadi korban diterkam buaya muara. Saat itu Abd. Rajab warga Dusun Kacci-kacci sedang memasang pukat yang tak jauh dari tempat tinggal di pinggir pantai berdekatan langsung bibir muara sungai.

Rajab dengan tiba-tiba mendapat terkapan buaya dari arah belakang. Sejumlah luka cakar dan gigitan sempat Rajab alami. Warga lalu membawanya ke Puskesmas untuk selanjutnya mendapat pertolongan medis. (Sudirman)

  • Bagikan