UPP Kelas II Maccini Baji Sosialisasi Alih Status Aset Pelabuhan Umum Maccini Baji ke Pemprov Sulsel

  • Bagikan
UPP Kelas II Maccini Baji menggelar sosialisasi status pengelolaan aset dan pelabuhan umum Maccini Baji, Selasa (16/07/2024).

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Maccini Baji menggelar sosialisasi status pengelolaan aset dan pelabuhan umum Maccini Baji.

Sosialisasi dipimpin langsung Kepala Kantor UPP Kelas II Maccini Baji, Johansyah, di ruang rapat UPP Kelas II Maccini Baji, Kelurahan Pundata Baji, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep, Selasa (16/07/2024).

Johansyah mengungkapkan jika sosialisasi ini untuk memastikan kesiapan dan pemanfaatan pelabuhan Maccini Baji yang sudah dilimpahkan dari Kementerian Perhubungan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi selatan.

“Hari ini kita bertemu dengan sejumlah stakeholder dan pengguna jasa di pelabuhan umum Maccini Baji yang sebelumnya di bawah Kementerian Perhubungan, telah diserahterimakan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,”ungkap Johansyah, selasa (16/07/2024).

Lebih jauh dikatakan Johansyah, sosialisasi ini untuk mengetahui kesiapan Pemprov Sulsel dalam mengelola pelabuhan umum Maccini Baji tersebut.

“Saya berharap dengan adanya sosialisai ini proses transisi tidak menghambat pelayanan ke masyarakat yang sedang berjalan dan semoga aset yg telah dilimpahkan dapat di rawat dan difungsikan dengan baik,” tambahnya.

Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Kadishub Sulsel), Andi Erwin Terwo, yang ikut hadir dala. Sosialisasi tersebut mengatakan jika pihaknya masih membutuhkan pendampingan dalam pengelolaan aset dan pelabuhan umum Maccini Baji.

“Kita akan maksimalkan aset yang kita pegang ini, dan tentu kita masih butuh pendampingan dalam pelimpahan pelayanan dan pengoperasian pelabuhan ini,” Singkat Andi Erwin Terwo.

Sekadar diketahui, sosialisasi dilaksanakan berdasarkan dengan berita acara serah terima personel, pendanaan, sarana dan prasarana, serta dokumen P3D dari Kementerian Perhubungan kepada Provinsi Sulawesi Selatan, perihal telah diserahkannya dokumen BAST P3D 9 (Sembilan) Pelabuhan Pengumpan Regional, salah satunya adalah Pelabuhan Maccini Baji.

Pertemuan ini dihadiri Kadishub Sulsel Andi Erwin Terwo, Sekretaris Dishub Sulsel Sri Wahyuni Nurdin, Kadishub Pangkep Baharuddin, perwakilan dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIX Provinsi Sulsel, PT Semen Tonasa, PT Biringkassi Raya (Keagenan), PT Biringkassi Raya (PBN), PT ASDP, dan PT Mitra Bahagia Utama (Pelra). (atho)

  • Bagikan